Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 85 Aktivitas Kelompok

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku IPS untuk Kelas 8 halaman 85. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPS Aktivitas Kelompok Halaman 85. Buku siswa untuk Semester 1 Kelas VIII SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN Kelas 8 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Aktivitas Kelompok IPS Kls 8 Hal 85

Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 85 Aktivitas Kelompok
Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 85 Aktivitas Kelompok

Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 85 Aktivitas Kelompok

Aktivitas Kelompok
Tugas Kelompok:
1. Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang.
2. Berdasarkan bacaan pada kasus 1, kasus 2, dan kasus 3, diskusikan pertanyaan di bawah ini:
a. Jelaskan perbedaan mobilitas vertikal dan mobilitas horizontal.
b. Tuliskan 3 contoh lain mobilitas vertikal dan horizontal.
Jawaban:
a. Jelaskan perbedaan mobilitas vertikal dan mobilitas horizontal

Mobilitas sosial atau pergerakan sosial dibangi menjadi dua jenis yaitu mobilitas sosial horizontal dan vertikal.

Perbedaan antara mobilitas sosial horizontal dan vertikal adalah, pada pada mobilitas sosial horizontal, terjadi perubahan posisi pekerjaan atau peran seseorang atau kelompok tanpa melibatkan perubahan dalam posisinya dalam hierarki sosial.Sementara pada mobilitas sosial vertikal terjadi perubahan pada posisi individu atau kelompok dalam hierarki sosial.

Ketika seorang buruh pedesaan datang ke kota dan menjadi pekerja industri atau manajer menjabat posisi yang sama di perusahaan lain, tidak ada perubahan signifikan dalam posisi mereka dalam hierarki.

Mobilitas sosial ini disebut mobilitas hotizontal. Mobilitas horisontal adalah perubahan posisi tanpa adanya perubahan pada status sosial. Yang terjadi hanya perubahan posisi dalam status sosial yang sama.

Namun jika seorang pekerja industri mendapat promosi atau diangkat menjadi pengusaha atau manajer maka ia telah mengubah posisinya dalam sistem stratifikasi sosial. Ini adalah contoh mobilitas vertikal.

Mobilitas vertikal mengacu pada pergerakan individu atau orang atau kelompok dari satu status ke status lainnya. Perubahan status ini bisa naik atau turun.

b. Tuliskan 3 contoh lain mobilitas vertikal dan horizontal.
Contoh Mobilitas Vertikal :
  • Terpilihnya seseorang menjadi anggota DPR/ MPR/ Presiden
  • Diangkatnya seorang pegawai menjadi seorang manager atau jabatan tinggi lainnya
  • Pekerja yang dipromosikan sebagai manajer atau kepala bagian
  • Petani yang sukses kemudian menjadi pengusaha beras
  • Pekerja yang dipecat menjadi pengangguran
  • Pak Lukman seorang karyawan yang rajin, semula dia hanya staf biasa, tetapi karena dia selalu rajin dan giat bekerja kemudian dia dipilih menjadi seorang manajer pemasaran dari perusahaan dia bekerja.
  • Seseorang membuka sebuah toko sepatu, karena kurang rajin bekerja sehingga tokonya menjadi sepi dan jarang membeli. Lama-kelamaan akhirnya toko tersebut harus tutup dan mengalami kerugian.
  • Rudi seorang peternak ayam, kemudian dia membangun industri kecil pengolahan daging ayam menjadi sosis. Ternyata usaha tersebut berkembang dengan pesat dan sekarang menjadi pabrik yang cukup besar di sekitar daerah tempat tinggalnya.

Contoh Mobilitas Horizontal :
  • Pak Hari merupakan kepala cabang suatu bank swasta di Kota Surabaya kemudian dia dipindahkan menjadi kepala cabang di Kota Semarang.
  • Sofyan merupakan pengawas pendidikan di kabupaten situbondo kemudian dia dipindahkan menjadi pengawas pendidikan di Kabupaten Bondowoso.
  • Ridwan adalah seorang dosen di suatu perguruan tinggi kemudian dia pindah ke perguruan tinggi lain dan tetap sama bekerja sebagai dosen.
  • Tukang Ojek Konvensional mengikuti perkembangan zaman dengan teknologi, menjadi Tukang Ojek Online. Bisa menggunakan Grab atau Gojek
  • Berpindahnya seorang dari perusahaan satu ke perusahaan lainnya, dengan kedudukan yang sama
  • Seorang anak yang tidak naik kelas, dan mengulang pada kelas yang sama
  • Perpindahan masyarakat dari Desa satu ke Desa yang lainnya
  • Mahasiswa melakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa satu Ke desa yang lainnya, dalam geografis yang sama
  • Adanya anak pejabat gubernur yang akhirnya anak tersebut juga menjadi gubernur di wilayah yang sama
  • Peristiwa persidangan yang dilakukan oleh seseorang dari wilayah DKI berpindah di wilayah lainnya, karena alasanya keamanan
3. Bandingkan hasil diskusi kelompokmu dengan kelompok yang lain.
4. Simpulkan kembali hasil diskusimu setelah membandingkan hasilnya dengan kelompok lain

Jawaban Pendek :
a. Pengertian mobilitas vertikal yaitu proses perpindahan individu atau kelompok yang berasal dari suatu kedudukan sosial menuju ke kedudukan yang lebih tinggi atau mengalami penurunan kedudukan yang lebih rendah.

Sedangkan pengertian Mobilitas horizontal yaitu suatu proses perpindahan kedudukan sosial individu atau kelompok pada lapisan kedudukan sosial yang sama.