Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 96 Aktivitas Kelompok

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku IPS untuk Kelas 9 halaman 96. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPS Aktivitas Kelompok Halaman 96. Buku siswa untuk Semester 1 Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi Kelas 9 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Aktivitas Kelompok IPS Kls 9 Hal 96

Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 96 Aktivitas Kelompok
Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 96 Aktivitas Kelompok

Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 96 Aktivitas Kelompok

Aktivitas Kelompok
Untuk mengetahui perbedaan dan klasifikasi antara bentuk-bentuk perubahan sosial budaya, lakukanlah kegiatan berikut!
1. Bentuklah kelompok dengan anggota 3 – 4 orang!
2. Amatilah gambar atau artikel dari berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik yang sudah ditugaskan oleh gurumu!
3. Dari gambar atau artikel yang kalian peroleh guntinglah yang termasuk bentuk-bentuk perubahan revolusi, evolusi, perubahan yang pengaruhnya kecil, perubahan yang pengaruhnya besar, perubahan yang direncanakan, dan perubahan yang tidak direncanakan!
4. Tempel dalam kertas HVS untuk menjadi kliping!
5. Diskusikan dengan kelompok dan berilah tanggapan dari setiap gambar berupa :
a. bentuk perubahan
b. deskripsi singkat dari gambar/artikel
c. argumen kalian
6. Presentasikan hasil kerja kelompok kalian!
7. Kumpulkan hasil kerja kelompok kepada guru untuk dinilai!

Jawaban :
GambarDeskripasi
Konversi Gas
Bentuk Perubahan : Evolusi
Peralihan penggunaan minyak tanah menjadi gas
Deskripsi Singkat :
Salah satu lambatnya peralihan dari minyak tanah menjadi gas adalah karena faktor ketakutan masyarakat jika menggunakan gas. Masyarakat yang belum terbiasa menggunakan gas masih takut menggunakannya karena mereka mengira gas lebih mudah meledak jika dibandingkan dengan minyak tanah. .
Argumen :
Salah satu cara yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi masalah ini adalah menaikkan harga minyak tanah sehingga masyarakat mulai beralih ke gas
Revolusi
Bentuk Perubahan : Revolusi
Revolusi Indonesia tahun 1945
Deskripsi Singkat :
Revolusi Nasional Indonesia adalah sebuah konflik bersenjata dan pertentangan diplomasi antara Republik Indonesia melawan Kerajaan Belanda. Rangkaian peristiwa ini terjadi mulai dari proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 hingga pengakuan kemerdekaan Indonesia oleh Kerajaan Belanda pada 29 Desember 1949.
Argumen :
Revolusi ini berujung pada berakhirnya pemerintahan kolonial Hindia Belanda dan mengakibatkan perubahan struktur sosial di Indonesia, di mana kekuasaan raja-raja mulai dikurangi atau dihilangkan.
Baju
Bentuk Perubahan :
Perubahan yang pengaruhnya kecil
Deskripsi Singkat :
Model baju wanita terbaru desain keren, trendy dan modis, seperti baju atasan wanita, kemeja kaos dan jaket pastinya Kamu tidak ketinggalan zaman saat mengenakannya malahan membuat kamu tampil makin keren, stylish dan trendy. Motif baju bervariasi.sehingga dapat tampil modis berdasarkan bentuk wajah, lekuk
tubuh, warna kulit, serta tinggi badanmu.
Argumen :
Siapapun pasti akan terkagum-kagum dengan bentuk tubuh yang terlihat makin ramping dan jenjang saat menggunakan baju ini.
Bentuk Perubahan :
Perubahan yang pengaruhnya besar
Deskripsi Singkat :
Berbagai perubahan pada sistem pemerintahan Myanmar menjadikan ketegangan etnis semakin meningkat. Sejumlah perubahan terjadi di bawah kepemimpinan Thein Sein. Hubungan Myanmar dengan dunia internasional membaik. Namun, kerusuhan berdarah antara etnis Buddha dan etnis Muslim Rohinhnya yang menewaskan 90 orang di negara bagian Rakhine.
Argumen :
Banyak yang menganggap bahwa perubahan demokrasi di Myanmar tak banyak berarti, terutama terkait besarnya kekuasaan militer,
Imunisasi Polio
Bentuk Perubahan :
Perubahan yang direncanakan
Deskripsi :
Banyaknya masyarakat yg menderita sakit polio maka pemerintah berupaya mengadakan perubahan , dengan cara menganjurkan masyarakat untuk membawa bayinya ke puskesmas guna di berikan vaksin polio. Mencegah polio dapat dilakukan dengan imunisasi, terutama pada anak usia bawah lima tahun (balita), melalui  imunisasi polio tetes maupun imunisasi polio suntik.  
Argumen :
Dengan adanya imunisasi polio diharapkan terjadi perubahan derajat kesehatan masyarakat.
Tsunami
Bentuk Perubahan :
Perubahan yang tidak direncanakan
Deskripsi :
Gelombang Tsunami Desember 2004 terjadi setelah gempa bumi di bawah laut, sekitar 100 kilometer sebelah barat pantai Sumatra, pukul 07.59 waktu setempat. Pusat gempa ada pada kedalaman sekitar 30 kilometer di bawah dasar laut. Ada dua lempeng kontinental yang bertumbukan. Pada garis sepanjang 1000 kilometer merupakan peristiwa yang sangat jarang terjadi.
Argumen :
Perbaikan di setiap sudut kota  membuat Aceh lebih baik lagi dari apa yang pernah terjadi sebelumnya.