Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 63 Refleksi

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku PKN untuk Kelas 10 halaman 63 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Refleksi Halaman 63. Buku siswa untuk Semester 1 Kelas X SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 Ketentuan UUD NRI Tahun 1945 dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Kelas 10 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Hal 63 PKN Kls 10 Refleksi. Kekayaan alam yang dimiliki oleh bangsa Indonesia merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang harus disyukuri. Bagaimanakah cara kalian untuk mensyukuri anugerah tersebut? 

Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 63 Tugas Mandiri 2.4
Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 63 Tugas Mandiri 2.4

Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 63 Refleksi

Refleksi
Setelah kalian mempelajari materi tentang pasal-pasal dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berkaitan tentang wilayah, warga negara, kemerdekaan beragama, serta sistem pertahanan dan keamanan negara, tentu saja kalian semakin meyakini betapa pentingnya menjaga keutuhan wilayah, menjadi warga negara yang baik, mewujudkan kemerdekaan beragama, dan berpartisipasi dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara. Untuk menguji keyakinan kalian, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.

1. Kekayaan alam yang dimiliki oleh bangsa Indonesia merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang harus disyukuri. Bagaimanakah cara kalian untuk mensyukuri anugerah tersebut?
Jawaban :

Cara yang dapat dilakukan untuk mensyukuri anugerah kekayaan alam yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa adalah dengan menjaga kekayaan alam tersebut agar tidak rusak dan punah serta memakainya secara bijak dan tidak berlebih-lebihan.

2. Apabila kalian merasa sebagai warga negara yang baik, apa saja yang telah kalian lakukan untuk mendorong kemajuan bangsa dan negara Indonesia?
Jawaban :

Beberapa hal yang sudah saya lakukan untuk mendorong kemajuan bangsa dan negara Indonesia antara lain seperti:
  • Belajar dengan giat dan tekun untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
  • Memberikan ilmu bermanfaat yang saya berikan kepada orang lain.
  • Memberikan inovasi serta terobosan baru dalam perkembangan zaman untuk membantu pekerjaan manusia.

3. Apabila kalian berada di lingkungan masyarakat yang agamis dengan masyarakat yang beranekaragam, apa yang kalian lakukan untuk mendorong tumbuhnya kerukunan antar umat beragama?
Jawaban :

Apabila saya berada di lingkungan masyarakat yang agamis dengan masyarakat yang beranekaragam, hal-hal yang akan saya lakukan mendorong tumbuhnya kerukunan antar umat beragama antara lain:
  1. Menumbuhkan sifat dan sikap toleransi antar sesama.
  2. Tidak memaksakan kehendak dan agama kepada orang lain.
  3. Tidak mengganggu orang lain yang sedang beribadah.
  4. Saling membantu di dalam kebaikan.
  5. Tidak ikut campur dalam urusan agama orang lain.
  6. Menghargai dan menghormati agama dan kepercayaan orang lain.
  7. Berteman tanpa membeda-bedakan agama.

4. Sebagai seorang pelajar, apa saja yang sudah kalian lakukan sebagai wujud partisipasi dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara?
Jawaban :

Sebagai seorang pelajar, hal-hal yang sudah saya lakukan sebagai wujud partisipasi dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara antara lain:
  1. Tidak ikut dan menjauhi tawuran antar pelajar.
  2. Menghormati guru yang sedang mengajar dan menjelaskan.
  3. Berteman tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, dan golongan.
  4. Selalu menghormati dan menjalankan tata tertib sekolah.
  5. Tidak melakukan tindakan onar seperti merusak fasilitas sekolah.