Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 94 Tabel 4.1

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku PKN untuk Kelas 10 halaman 94 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Tabel 4.1 Halaman 94. Buku siswa untuk Semester 1 Kelas X SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 4 Hubungan Struktural dan Fungsional Pemerintah Pusat dan Daerah Kelas 10 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Hal 94 PKN Kls 10 Tabel 4.1 Pertanyaan atas Artikel Permasalahan Sumberdaya dan Kemampuan Daerah dalam Penerapan Otonomi Daerah

Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 94 Tabel 4.1
Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 94 Tabel 4.1

Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 94 Tabel 4.1

Setelah kalian menyimak dan mencermati artikel tersebut, silakan kalian diskusikan dengan teman sebangku atau sekelompok. Kemudian tuliskan komentar dan pertanyaan-pertanyaan yang mengacu kepada artikel tersebut. Pastikan komentar dan pertanyaan yang kalian tulis ke dalam kolom di bawah ini berbeda dengan komentar dan pertanyaan yang diajukan kelompok lain.

Tabel 4.1 Pertanyaan atas Artikel Permasalahan Sumberdaya dan Kemampuan Daerah dalam Penerapan Otonomi Daerah

Jawaban :
1.  Jika Otonomi daerah diterapkan, bagaimana kondisi perekonomian daerah yang tidak memiliki sumber daya alam atau aset yang besar?

2. Bagaimana cara mengatur peraturan atau hukum di daerah agar tidak berbenturan dengan peraturan dari pusat?

3. Apakah tidak ada ketakutan terhadap adanya bahaya disintegrasi terutama daerah dengan perekonomian kuat akan berusaha memisahkan diri ?

4. Bagaimana cara mengatasi perilaku korup pejabat di daerah sebagai akibat kebebasan mereka dalam mengatur daerahnya?

5. Apakah otonomi daerah benar-benar memberikan dampak positif sebuah daerah?

Jawaban Lain :
Berikut ini adalah 5 pertanyaan yang bisa kita ajukan terkait artikel yang membahasa permasalahan sumber daya dan kemampuan daerah di dalam menerapkan otonomi daerah:
  1. Jelaskan bagaimana fenomena ketidakadilan dalam dimensi sosial, politik, ekonomi dan sebagainya menjadi pemicu utama munculnya tuntutan otonomi daerah!
  2. Menurut pendapat pribadimu, apakah pemerataan pembangunan yang timpang antara daerah dan pusat juga turut menjadi penyebab aksi protes masyarakat khususnya di daerah? Jelaskan!
  3. Implementasi otonomi daerah pada faktanya sering memunculkan permasalahan, sebutkan dan jelaskan dua di antaranya!
  4. Ketimpangan kemampuan dalam mengolah sumber daya alam di daerah turut menjadi biang permasalahan, setuju atau tidak setuju? Jelaskan argumenmu.
  5. Sebutkan faktor apa saja yang menjadi pendukung berhasilnya implementasi otonomi daerah!