Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban PKN Kelas 11 Halaman 83 Tugas Kelompok 3.1

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku PKN untuk Kelas 11 halaman 83. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Tugas Kelompok 3.1 Halaman 83. Buku siswa untuk Semester 1 Kelas XI SMA/SMK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 3 Sistem Hukum dan Peradilan Di Indonesia Kelas 11 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Tugas Kelompok 3.1 Hal 83 PKN Kls 11

Jawaban PKN Kelas 11 Halaman 83 Tugas Kelompok 3.1
Jawaban PKN Kelas 11 Halaman 83 Tugas Kelompok 3.1

Jawaban PKN Kelas 11 Halaman 83 Tugas Kelompok 3.1

Tugas Kelompok 3.1
Carilah dua buah kasus hukum dari surat kabar atau media online. Kemudian, tentukan kasus yang kalian temukan termasuk ke dalam jenis hukum yang mana. Jangan lupa berikan alasannya dan komunikasikan kepada kelompok yang lain di depan kelas.

Jawaban :
1. Kasus Pertama adalah Kasus Gubernur DKI Jakarta, Basuki Cahaya Purnama atau biasa dipanggil Ahok.
Melalui pernyataannya yang sempat dinilai oleh sebagian umat Islam sebagai kasus penistaan agama Islam, Ahok dinilai sudah memberikan pernyataan yang tidak benar dan melecehkah surat Al-Maidah ayat 51 (Al-Quran). 
Masyarakat Indonesia yang pada umumnya pemeluk agama Islam tidak terima akan hal itu dan melakukan beberapa tindakan seperti melaporkannya ke polisi serta melakukan aksi demo. 
Pada tanggal 4 November 2016, sejumlah ormas-ormas Islam melakukan demo besar-besaran ke kota Jakarta tepatnya di HI, Istana Presiden, Masjid Istiqlal dan Perumahan tempat tinggal Ahok.

Kesimpulan:
Kasus diatas merupakaan kasus hukum penistaan agama, dimana pelakunya dinilai melecehkan agama Islam.

2. Kasus Kedua adalah kasus pembunuhan adik kecil yang bernama Angeline di Bali.
Angeline yang berusia 8 tahun dikabarkan hilang oleh orang tua angkatnya (Margareth Megawe). Ketika komnas perlindungan anak dan polisi ikut membantu mencari Angeline, setelah beberapa hari ternyata Angeline sudah ditemukan tewas dan terkubur dibelakang halaman rumahnya. Kecurigaan awal polisi adalah pada pembantu Margareth yang bernama Agustay. Setelah dilakukan penyelidikan oleh polisi dan komnas perlindungan anak maka ditetapkan otak penyiksaan dan pembunuhan Angeline adalah orang tua angkat nya dan Agustay sebagai pelaksana.
Polisi menetapkan Margareth dihukum seumur hidup dan Agustay dihukum 12 tahun penjara.

Kesimpulan:
Kekerasan terhadap anak sangat rawan terjadi dan biasanya pelaku utamanya adalah orang terdekatnya.


Jawaban Lain :
1. Kasus Nenek Minah<\/strong>

Pada 19 November 2009, nenek Minah (55) dihukum oleh PN Purwokerto selama 1 bulan 15 hari penjara dengan masa percobaan 3 bulan. Dia dinyatakan bersalah karena memetik 3 buah kakao di perkebunan milik PT Rumpun Sari Antan (RSA), Ajibarang, Banyumas. Selama persidangan dengan agenda putusan berlangsung penuh keharuan. Bahkan ketua majelis hakim, Muslih Bambang Luqmono SH, terlihat menangis saat membacakan vonis.

2. Kasus Susu Formula Berbakteri<\/strong>

Kasus bermula pada 15 Februari 2008 IPB memuat di website mereka tentang adanya susu yang tercemar bakteri itu Enterobacter Sakazakii. Namun, pemerintah tidak membuka nama-nama merek susu tersebut. 

Lantas, salah seorang masyarakat, David Tobing, menggugat pemerintah atas sikap diam tersebut. Pada 26 April 2010, Mahkamah Agung (MA) memerintahkan Menkes cs mengumumkan ke publik nama-nama merek susu formula berbakteri tersebut. Bukannya mematuhi perintah MA, Menkes cs selalu berkelit. Meski kasus ini juga telah masuk ke parleman, hingga saat ini Menkes cs tetap bungkam.
-----------------------------------------------------------
*Kasus pertama termasuk jenis hukum bersifat perintah.ALASANYA karena nenek tersebut diperintahkan oleh seseorang
*Kasus kedua termasuk jenis hukum bersifat
larangan.ALASANYA karena pemerintah telah melarang menjual susu formula bakteri ,tapi masih ada orang yang tidak bertanggung jawab