Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 13 Aktivitas 1.3 Tabel 1.3

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku PKN untuk Kelas 8 Tabel 1.3 halaman 13 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Aktivitas 1.3 Halaman 13. Buku siswa untuk Semester 1 Kelas VIII SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila Kelas 8 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Hal 13 PKN Kls 8 Aktivitas 1.3

Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 13 Aktivitas 1.3 Tabel 1.3
Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 13 Aktivitas 1.3 Tabel 1.3

Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 13 Aktivitas 1.3 Tabel 1.3

Aktivitas 1.3
Setelah kalian mencari informasi dengan membaca wacana materi di atas dan sumber belajar lain tentang Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup, tulislah apa yang sudah kalian ketahui ke dalam tabel berikut.

Tabel 1.3 Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup
1. Aspek Informasi: Perbedaan arti Pancasila sebagai dasar negara dan Pandangan Hidup
Uraian: Perbedaan Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai pandangan hidup. Pancasila sebagai dasar negara berarti Pancasila dijadikan dasar dalam penyelenggaraan negara. Pancasila sebagai pandangan hidup berarti Pancasila dijadikan pedoman dalam tingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

2. Aspek informasi :Fungsi dan Peran Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup.
Uraian: Fungsinya sebagai dara negara yang mendasari Pasal-pasal dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjadi cita-cita hukum yang dituangkan dalam peraturan perundang-undangan.

3. Aspek informasi: manfaat pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup
Uraian:Pancasila memiliki manfaat yaitu berperan sangat penting dalam mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara. Kehidupan yang diharapkan adalah kehidupan masyarakat yang merdeka, bersatu berdaulat adil dan makmur seperti dinyatakan dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4. Akibat jika tidak memiliki dasar negara dan pandangan hidup:
Uraian: ibarat sebuah bangunan yang tidak memiliki fondasi dan tujuan dibuatnya bangunan tersebut, sebuah negara akan segera runtuh dan tidak bisa memberi manfaat bagi warga negaranya.


Jawaban Tabel :

no

Aspek informasi

uraian

1

Perbedaan arti pancasila sebagai dasar Negara dan pandangan hidup

Arti pancasila sebagai dasr Negara adalah suatu dasar yang digunakan untuk mengatur tata Negara Indonesia dan digunakan sebagai dasar dari segala hukum yang ada di Indonesia, selain itu pancasila juga sebagai dasar dari pasal pasal yang terdapat pada UUD NRI 1945, sedangkan arti pancasila sebagai pandangan hidup adalah pancasila sebagai pedoman atau pegangan dalam memecahkan masalah yang ada dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dan dalam pancasila terdapat 5 dasar yang harus diamalakan apabila ingin terwujud bahwa pancasila adalah pandagan hidup ynag mendasari seluruh tingkah laku kehidupan.

2

Fungsi dan peran pancasila sebagai dasar Negara dan pandangan hidup

Fungsi dan peran pancasila sebagai dasar Negara adalah pancasila sebagai dasar yang digunakan para penyelenggara negara dalam mengatur sebuah tata kelola Negara Indonesia agar menjadi baik dalam berbagai bidang yaitu bidang ideology, politik , ekonomi, social budaya, dan pertahanan keamanan. dan fungsi pancasila sebagai pandangan hidup adala sebagai dasar dalam bertingkah laku yang baik serta menjadi pedoman dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara, dan berbangsa.

3

Manfaat pancasila sebagai dasar Negara dan pandangan hidup

Manfaat pancasila sebagai dasar Negara adalah Negara lebih mengetahui dasar dasar dalam membuat peraturan shingga peraturan yang dibuat tidak bertentangan dengan keadaan yang seharusnya. dan manfaat pancasila sebagai pandangan hidup adalah menjadikan masyarakat Negara itu memiliki pandangan atau pegangangan yang harus dilakukan dalam bertingkah laku.

4

Akibat tidak memiliki dasar Negara dan pandangan hidup

Akibat tidak memiliki dasar Negara dan pandangan hidup membuat Negara tersebut menjadi terpecah belah kaena seringnya terdapat perbedaan pendapat yang tidak dapat di selesaikan karena dasar hkum yang di buat tidak sesuai dengan keadaan dan dari segi pandangan hidupnya lebih mementingkan sikap individualisme dan apatis karena lebih mementingkan dirinya sendiri.

5

......... ..............( isi pertanyaan anda sendiri dan tuliskan di komentar nanti insya allah akan saya jawab)