Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 3 Tabel 1.1

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku PKN untuk Kelas 8 halaman 3 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Tabel 1.1 Halaman 3. Buku siswa untuk Semester 1 Kelas VIII SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila Kelas 8 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Hal 3 PKN Kls 8 Tabel 1.1

Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 3 Tabel 1.1
Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 3 Tabel 1.1

Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 3 Tabel 1.1

Tabel 1.1 Daftar Pertanyaan
Apa informasi yang kalian peroleh saat membaca wacana tersebut? Sampaikan pendapat kalian tentang infomasi tersebut. Kalian pasti ingin tahu lebih banyak informasi tentang Pancasila. Kembangkan terus keingintahuan kalian. Coba kalian rumuskan pertanyaan yang ingin kalian ketahui dari Gambar 1.1 dan wacana tersebut. Seperti apa fungsi dan peran Pancasila? Diskusikan dengan kelompok kalian untuk mengembangkan sebanyak mungkin informasi yang kalian ingin ketahui tentang Pancasila. 

Baiklah sekarang, tulislah pertanyaan kalian dalam tabel di bawah ini

Jawaban :
1. Siapakah pencetus ideologi Pancasila ?
2. Kapan Pancasila lahir ?
3. Kapan Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara 
4. Mengapa Pancasila ditetapakan sebagai dasar negara ?
5. Apakah Pancasila bisa menjadi landasan kemajuan bangsa Indonesia ?

Hasil diskusi dari lima pertanyaan yang telah dibuat:
1. Pencetus Ideologi Pancasila adalah Ir. Sukarno
2. Pancasila pertama kali disampaikan oleh Ir. Sukarno pada tanggal 1 Juni 1945
3. Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara pada tanggal 18 Agustus 1945
4. Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara karena kelima sila dalam Pancasila diambil oleh Bung Karno setelah menggali berbagai macam nilai dan kebudayaan yang ada di Indonesia. Kelima sila tersebut terbukti bisa menyatukan berbagai macam nilai dan kebudayaan di Republik Indonesia.
5. Pancasila bisa menjadi landasan bagi kemajuan bangsa Indonesia apabila seluruh komponen bangsa benar-benar meyakini dan menjalankan segala perilaku berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila.

Jawaban Lainnya :
Daftar pertanyaan dan jawaban:

1. Apa fungsi Pancasila sebagai dasar negara?
Pancasila sebagai dasar negara adalah sumber atau dasar pembentukan konstitusi negara. Pancasila berfungsi sebagai dasar negara, sebagai pandangan hidup bangsa, pilar kebangsaan Indonesia, dan contoh peraturan paling adil di Indonesia

2. Apakah kedudukan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa?
Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa adalah sebagai pedoman dan cerminan masyarakat dalam berperilaku dan bersikap sehari-hari dalam segala aspek kehidupan rakyat Indonesia.

3. Apa hubungan antar sila dalam Pancasila?
Pancasila merupakan suatu rangkaian kesatuan yang tidak dapat dipisahkan antar silanya. Sila-sila di dalam Pancasila saling berkaitan utuh satu sama lain, sehingga tidak dapat dipisah-pisah.

4. Sebutkan 5 nilai yang terkandung dalam sila Ketuhanan Yang Maha Esa!
Ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, toleransi, kebebasan memeluk agama dan beribadah, kerja sama antar umat beragama, hormat terhadap kepercayaan/agama lain.

5. Bagaimana kedudukan Pancasila sebagai dasar negara?
Kedudukan pancasila adalah kedua setelah UUD 1945 dan merupakan sumber hukum utama di Indonesia. Pancasila adalah falsafah dan idelogi negar dan sebagai dasar untuk mengatur pemerintahan di Indonesia.