Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 31 Aktivitas 2.2

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku PKN untuk Kelas 8 halaman 31 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Aktivitas 2.2 Halaman 31. Buku siswa untuk Semester 1 Kelas VIII SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 Menumbuhkan Kesadaran terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Kelas 8 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Hal 31 PKN Kls 8 Aktivitas 2.2

Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 31 Aktivitas 2.2
Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 31 Aktivitas 2.2

Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 31 Aktivitas 2.2

Aktivitas 2.2
Diskusikan dalam kelompok, apa akibatnya apabila Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 diubah. Bagaimana sikap kalian terhadap hal ini?

*Silahkan Pilih jawaban yang sekiranya paling tepat 

Jawaban 1 :
Akibat jika dilakukan perubahan terhadap Pembukaan UUD 1945 adalah sebagai berikut.
  1. Pancasila akan berubah atau hilang.
  2. Pemerintah tidak lagi terikat pada kewajiban memajukan kesejahteraan umum, meningkatkan kualits pendidikan, menjaga ketertiban dunia, dll.
  3. Kemerdekaan kita sebagai manusia dapat dirampas.

Jawaban 2 :
Dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 terdapat empat alinea yang memuat tentang:
1. Pokok-pokok pikiran yang diciptakan dan diwujudkan dalam pasal-pasal UUD 1945
2. Pengakuan kemerdekaan hak segala bangsa
Baca Juga :Tabel 2.1 Daftar Pertanyaan PPKn Kelas 8 Halaman 27
3. Cita-cita nasional
4. Pernyataan kemerdekaan
5. Tujuan negara
6. Kedaulatan rakyat
7, Dasar negara Indonesia.

Kira-kira pada bagian manakah perubahan UUD 1945 itu akan dilakukan? Hal yang mungkin dilakukan seandainya terjadi perubahan adalah perubahan atau penambahan cita-cita nasional dan tujuan bernegara. Jika terjadi perubahan atau penambahan, berarti bangsa Indonesia memiliki tujuan baru yang harus lebih baik.

Sebagai generasi muda, saya berpendapat, selama perubahan itu demi kepentingan bangsa dan negara, bukan tidak mungkin perubahan UUD Republik Indonesia Tahun 1945 akan dilakukan. Akan tetapi dalam waktu dekat ini, perubahan UUD 1945 belum perlu dilakukan.

Jawaban 3 :
Kita ketahui, bahwa di dalam Pembukaan UUD 1945, terdapat Rumusan Dasar Negara yang otentik atau asli. Dasar Negara ini ibarat pondasi dasar dalam sebuah bangunan, maka ketika sebuah pondasi diubah atau justru dihilangkan, bangunan tersebut akan rawan runtuh dan hancur, begitu juga dengan Indonesia.

           Maka, menurut pendapat kakak, sikap kita yang harus kita ambil adalah mencegah segala upaya perubahan dasar negara Indonesia yang dapat menghancurkan negara ini. Dengan demikian, setiap bentuk kehancuran negara ini dapat kita minimalisir bahkan kita hilangkan.