Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Aktivitas 5.1 Menyalakan Lampu dengan Baterai

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas 9 halaman 199 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA  Ayo Kita Lakukan Halaman 199-200 Buku siswa untuk Semester 1 Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 5 Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari Kelas 9 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban IPA Kls 9 Hal 199 Ayo Kita Lakukan

Aktivitas 5.1 Menyalakan Lampu dengan Baterai
Aktivitas 5.1 Menyalakan Lampu dengan Baterai

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 199 - 200 Ayo Kita Lakukan

Apa yang kamu perlukan?
1. 2 buah kabel yang dilengkapi penjepit buaya
2. 1 buah baterai
3. 1 buah bola lampu

Apa yang harus kamu lakukan?
1. Buatlah rangkaian untuk menyalakan lampu!
2. Gambarkan diagram yang dapat menyalakan lampu dan diagram yang tidak dapat menyalakan lampu!

Apa yang perlu kamu diskusikan?
1. Bagaimanakah caramu untuk mengetahui adanya arus listrik yang mengalir dalam kabel?
2. Rangkaian listrik yang bagaimanakah yang dapat menyalakan lampu? Rangkaian listrik yang bagaimanakah yang tidak dapat menyalakan lampu?
Jawaban :
1.   Cara untuk mengetahui adanya arus listrik yang mengalir dalam kabel yaitu dengan membuat rangkaian tertutup menggunakan lampu.
Apabila lampu menyala, hal tersebut menunjukkan adanya arus listrik.

2.   Rangkaian listrik yang dapat menyalakan lampu yaitu rangkaian listrik yang tiap komponen (baterai, kabel, dan lampu) terhubung dengan benar (rangkaian tertutup).
Rangkaian listrik yang tidak dapat menyalakan lampu yaitu rangkaian listrik yang salah satu komponennya tidak terhubung (rangkaian terbuka).

Apa yang dapat kamu simpulkan?
Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?
Jawaban :
Arus listrik dapat mengalir pada suatu rangkaian tertutup dan mengakibatkan lampu dapat menyala. Apabila suatu rangkaian terbuka, arus listrik tidak dapat mengalir, sehingga lampu tidak dapat menyala.