Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Aktivitas 5.2 Baterai Buah Halaman 200 IPA Kelas 9

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas 9 halaman 200 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA  Ayo Kita Lakukan Halaman 200-201 Buku siswa untuk Semester 1 Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 5 Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari Kelas 9 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban IPA Kls 9 Hal 200 Ayo Kita Lakukan

Aktivitas 5.2 Baterai Buah
Aktivitas 5.2 Baterai Buah

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 200 - 201 Ayo Kita Lakukan

Apa yang kamu perlukan?
1. 1 lempeng seng
2. 1 lempeng tembaga
3. 1 buah penjepit buaya warna hitam dan 1 penjepit warna merah
4. 1 buah gunting
5. 1 buah pisau
6. 1 buah amperemeter
7. 1 buah sakelar
8. 1 buah semangka
9. 1 buah jeruk

Apa yang harus kamu lakukan?
1. Tancapkan lempeng seng dan paku besi pada semangka! Lihat Gambar 5.1! Perhatikan sambungan kutub positif dengan kutub negatif baterai pada amperemeter agar arus yang terukur tidak bernilai negatif! 
2. Hubungkan lempeng, sakelar, dan amperemeter dengan menggunakan kabel penjepit buaya. 
3. Aturlah amperemeter dengan batas ukur arus paling kecil, kemudian hidupkan sakelar (on). 
4. Bacalah kuat arus yang ditimbulkan! 201 Ilmu Pengetahuan Alam 
5. Ulangi langkah 1-4 dengan menggunakan buah lainnya dengan menggunakan variasi jumlah sebanyak 3, 4, 5, 6, dst., disusun secara seri maupun paralel. 
6. Catat hasil pengamatanmu dalam bentuk tabel!

Apa yang perlu kamu diskusikan?
1. Bandingkan hasil pengamatan besarnya kuat arus dengan jumlah buah yang digunakan. Bagaimanakah hubungan besarnya kuat arus dengan jumlah buah? 
2. Bandingkan hasil pengamatan nyala lampu dengan jumlah buah yang digunakan! Bagaimanakah hubungan antara nyala lampu dengan jumlah buah? 
3. Mengapa buah dapat digunakan untuk menyalakan lampu? 
4. Apa fungsi pemberian lempeng seng dan paku besi pada percobaan baterai buah ini?

Jawaban :
1.   Semakin banyak buah yang digunakan, maka arus listrik yang terukur pada amperemeter akan semakin besar.

2.   Semakin banyak buah yang dirangkai, maka nyala lampu juga akan semakin terang. Hal ini dikarenakan kuat arus yang semakin besar.

3.   Karena buah merupakan elektrolit yang baik, sehingga dapat mengionkan paku besi dan seng yang ditancapkan pada buah.

4.   Lempeng seng berperan sebagai kutub negatif baterai dan paku besi berperan sebagai kutub positif baterai. Adanya perbedaan potensial kedua muatan pada tiap-tiap kutub baterai inilah yang memicu timbulnya arus yang mengalir pada rangkaian baterai buah.

Apa yang dapat kamu simpulkan?
Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Jawaban :
  • Buah mengandung cairan yang merupakan elektrolit.
  • Cairan dalam buah dapat mengionkan paku besi dan seng yang ditancapkan pada buah, mengakibatkan timbulnya beda potensial.
  • Lempeng seng menjadi kutub negatif dan lempeng besi menjadi kutub positif. Adanya beda potensial ini mendorong elektron untuk bergerak sehingga memicu aliran listrik dalam rangkaian.