Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Aktivitas 5.4 Percobaan Besar Hambatan Listrik pada Kawat Konduktor

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas 9 halaman 210 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA  Ayo Kita Lakukan Halaman 210-211 Buku siswa untuk Semester 1 Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 5 Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari Kelas 9 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban IPA Kls 9 Hal 21- Ayo Kita Lakukan

Aktivitas 5.4 Percobaan Besar Hambatan Listrik pada Kawat Konduktor
Aktivitas 5.4 Percobaan Besar Hambatan Listrik pada Kawat Konduktor

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 210 - 211 Ayo Kita Lakukan

Pada aktivitas ini kamu akan menyelidiki pengaruh panjang dan luas penampang kawat penghantar terhadap besar hambatannya

Apa yang kamu perlukan?
1. 1 kawat penghantar dengan rincian pada Tabel 5.3!
Tabel 5.3 Rincian Kawat Penghantar
2. 1 buah ohmmeter (multimeter).

Apa yang harus kamu lakukan?
1. Hubungkan kawat A dengan multimeter/ohmmeter, kemudian ukur hambatan pada rangkaian dengan menggunakan multimeter/ ohmmeter. 
2. Ulangi percobaan di atas untuk mengukur kawat penghantar B, C, D, dan E. Catat hasil pengamatan kamu pada Tabel 5.4! Tabel 5.4 Data Percobaan Hambatan Kawat

Apa yang perlu kamu diskusikan?
1. Buatlah grafik hubungan antara besar hambatan listrik dengan panjang kawat! Letakkan data panjang kawat pada sumbu x dan data besar hambatan listrik pada sumbu y (gunakan data A, B, C, dan D)! 
2. Amati pada grafik, bagaimana hubungan antara besar hambatan listrik dengan panjang kawat?
3. Buatlah grafik hubungan antara besar hambatan listrik dengan luas penampang kawat! Letakkan data luas penampang kawat pada sumbu x dan data besar hambatan listrik pada sumbu y (gunakan data A, B, C, dan D)! 
4, Amati pada grafik, bagaimana hubungan antara besar hambatan listrik dengan luas penampang kawat? 
5. Berdasarkan jawaban nomor 2 dan 4, bagaimanakah hubungan antara panjang dan luas penampang kawat penghantar dengan besar hambatannya?

Jawaban :
1.  
1.	 Buatlah grafik hubungan antara besar hambatan listrik dengan panjang kawat! Letakkan data panjang kawat pada sumbu x dan data besar hambatan listrik pada sumbu y (gunakan data A, B, C, dan D)!


2. Semakin panjang kawat penghantar, semakin besar pula nilai hambatannya

3. 
3.	 Buatlah grafik hubungan antara besar hambatan listrik dengan luas penampang kawat! Letakkan data luas penampang kawat pada sumbu x dan data besar hambatan listrik pada sumbu y (gunakan data A, B, C, dan D)!


4. Semakin besar luas penampang kawat, semakin kecil nilai hambatannya.

5. Besar hambatan kawat berbanding lurus dengan panjang kawat, tetapi berbanding terbalik dengan luas penampang kawat.

Apa yang dapat kamu simpulkan?
Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Jawaban :
Besar hambatan kawat berbanding lurus dengan panjang kawat, tetapi berbanding terbalik dengan luas penampang kawat.