Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Aktivitas 5.7 Mengetahui Hubungan Antara Kuat Arus, Hambatan, dan Tegangan Listrik pada Suatu Rangkaian Listrik (Hukum Ohm)

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas 9 halaman 215 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA  Ayo Kita Lakukan Halaman 215-218 Buku siswa untuk Semester 1 Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 5 Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari Kelas 9 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban IPA Kls 9 Hal 215 Ayo Kita Lakukan

Aktivitas 5.7 Mengetahui Hubungan Antara Kuat Arus, Hambatan, dan Tegangan Listrik pada Suatu Rangkaian Listrik (Hukum Ohm)
Aktivitas 5.7 Mengetahui Hubungan Antara Kuat Arus, Hambatan, dan Tegangan Listrik pada Suatu Rangkaian Listrik (Hukum Ohm)

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 215 - 218 Ayo Kita Lakukan

Apa yang kamu perlukan?
1. 4 buah baterai besar 1,5 volt dan dudukan baterai
2. 4 buah resistor dengan besar hambatan bervariasi
3. 1 buah amperemeter
4. 5 buah penjepit buaya

Apa yang harus kamu lakukan?
1. Letakkan sebuah baterai pada dudukan baterai! 
2. Buatlah rangkaian seri untuk baterai, resistor, dan amperemeter dengan menggunakan penjepit buaya seperti pada Gambar 5.8. 216 Kelas IX SMP/MTs Semester 1 Sumber: Dok. Kemdikbud Gambar 5.8 Rangkaian Percobaan Hubungan Antara Kuat Arus, Hambatan, dan Tegangan Listrik pada Suatu Rangkaian Listrik
3. Catat besar hambatan resistor dan besar kuat arus listrik yang mengalir pada rangkaian dengan melihat hasil pengukuran amperemeter pada Tabel 5.5! 
4. Ulangi langkah 2 dan 3 untuk variasi resistor.

Apa yang kamu analisis? 
1.  Berdasarkandata padaTabel 5.5, buatlah grafik hubungan antara kuat arus dengan besar hambatan listrik! Besar hambatan listrik pada sumbu x dan besar arus listrik pada sumbu y. 
2.  Berdasarkan data pada Tabel 5.6, buatlah grafik hubungan antara kuat arus dengan besar tegangan listrik! Besar tegangan listrik pada sumbu x dan besar arus listrik pada sumbu y. 
3. Selain besar hambatan, berdasarkan percobaan A faktor apakah yang memengaruhi besar arus listrik yang mengalir dalam suatu rangkaian? Bagaimana caranya agar arus listrik yang mengalir dalam rangkaian tersebut dapat diperbesar? 
4. Selain banyaknya jumlah baterai yang digunakan, berdasarkan percobaan B faktor apakah yang memengaruhi besar arus listrik yang mengalir dalam suatu rangkaian? Bagaimana caranya agar arus listrik yang mengalir dalam rangkaian tersebut dapat diperbesar?

Apa yang perlu kamu diskusikan?
1. Perhatikan grafik nomor 1 yang telah kamu buat! Bagaimana hubungan antara besar hambatan dengan kuat arus listrik yang mengalir dalam suatu rangkaian? Jelaskan! 
2. Perhatikan grafik nomor 2 yang telah kamu buat! Bagaimana hubungan antara besar tegangan dengan kuat arus listrik yang mengalir dalam suatu rangkaian? Jelaskan! 
3. Besar kuat arus 1 A, adalah kuat arus yang mengalir pada suatu penghantar yang memiliki hambatan sebesar 1 Ω pada saat diberi tegangan sebesar 1 V. Berdasarkan pengertian tersebut, berapakah besar kuat arus (I) pada suatu penghantar yang besar hambatannya (R) jika diberi tegangan sebesar (V)? Tuliskan bentuk persamaannya! Persamaan itulah yang disebut Hukum Ohm. 
4. Jelaskan apa yang akan terjadi jika sebuah alat listrik yang pada awalnya dipasang pada rangkaian listrik dengan tegangan 220 V, kemudian dipasang pada rangkaian listrik dengan tegangan 110 V? 
5. Mengapa lampu dengan tegangan 110 V tidak boleh langsung dipasang pada rangkaian listrik dengan tegangan 220 V? 6. Sebuah rangkaian listrik yang menggunakan baterai sebagai sumber arus dengan besar tegangan 1,5 volt memiliki hambatan sebesar 0,3 Ω. Hitunglah berapa besar kuat arus listrik yang mengalir dalam rangkaian tersebut!

Jawaban :
-

Apa yang dapat kamu simpulkan?
Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Jawaban :
-