Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 123, 124 Ayo Kita Lakukan

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas 7 halaman 123, 124. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Ayo Kita Lakukan halaman 123, 124 Buku siswa untuk Semester 1 Kelas VII SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 3 Klasifikasi Materi dan Perubahannya Kelas 7 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Ayo Kita Lakuka Hal 123 IPA Kls 7

Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 123, 124 Ayo Kita Lakukan
Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 123, 124 Ayo Kita Lakukan

Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 123, 124 Ayo Kita Lakukan

Ayo Kita Lakukan
Perubahan apa yang terjadi pada kedua gambar, beras yang dimasak menjadi nasi dan juga air dimasak hingga mendidih menjadi uap? Apa yang dapat kamu simpulkan dari gambar tersebut? Untuk lebih jelasnya mari lakukan kegiatan di bawah ini.

Menentukan Jenis Perubahan Materi
Siapkanlah alat dan bahan berikut.
1. Kertas 5. Gula
2. Gunting 6. Gelas
3. Pembakar spiritus 7. Sendok logam
4. Korek api 8. Air

Lakukanlah langkah-langkah berikut.
1. Guntinglah selembar kertas hingga menjadi potongan-potongan kecil. Amati perubahan yang terjadi.
2. Bakarlah selembar kertas. Amati perubahan yang terjadi.
3. Masukkan satu sendok gula pada segelas air, kemudian aduklah. Amati perubahan yang terjadi pada gula itu.
4. Ambillah gula dengan sendok logam, kemudian panaskan gula di sendok logam di atas pembakar spiritus. Amati perubahan yang terjadi pada gula itu.
5. Catatlah semua hasil pengamatanmu dan jelaskan perubahan yang terjadi.

Diskusikan
1. Apa perbedaan hasil pengamatan yang didapat pada kegiatan memotong kertas dan membakar kertas?
2. Apa perbedaan hasil pengamatan yang didapat pada kegiatan melarutkan gula ke dalam air dan memanaskan gula di atas sendok logam?
3. Carilah contoh perubahan zat yang mirip dengan perubahan pada kegiatan memotong kertas dan melarutkan gula ke dalam air.
4. Berilah contoh perubahan zat yang mirip dengan perubahan pada kegiatan membakar kertas dan memanaskan gula di atas sendok logam.

Bandingkan dan Simpulkan
Berdasarkan pengamatan dengan hasil yang berbeda, pilihlah perubahan zat yang umum digunakan untuk menentukan jenis perubahan materi. Bandingkan hasilnya dengan hasil yang diperoleh temanmu!

Jawaban :
1. kegiatan memotong kertas akan kembali pada bentuk semula, perbedaannya hanya kertas tersebut terbagi menjadi banyak potongan, sedangkan membakar, kertas tersebut berubah bentuk menjadi abu.
2. melarutkan gula kedalam air, gula tersebut akan larut didalam air dan tidak ada lagi serpihan gula tersebut, sedangkan memanaskan gula diatas sendok logam gula tersebut tidak akan berubah bentuk.
3. memotong daun hijau dan membakar daun.
4. melarutkan garam kedalam sayur yang ditumis dan memanaskan garam di atas sendok logam

Jawaban Lainnya :
1. Menurut saya, ketika memotong kertas hanya ada perubahan bentuk menjadi kecil-kecil. sedangkan saat membakar kertas terjadi perubahan wujud dari kertas menjadi abu dan terjadinya perubahan zat yang ditandai dengan asap saat perkenaan kertas dengan api.

2. melarutkan gula kedalam air, gula tersebut akan larut didalam air dan tidak ada lagi serpihan gula tersebut, sedangkan memanaskan gula diatas sendok logam gula tersebut tidak akan berubah bentuk.

3. -Es batu yang mencair
-lilin meleleh
-kapur barus menyublim

4. -semen yang dikeringkan
-kayu menjadi lapuk
-memasak beras menjadi nasi