Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 196 Mengamati dan Menalar

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas 7 halaman 196. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Mengamati dan Menalar halaman 196, 197 Buku siswa untuk Semester 1 Kelas VII SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 6 Energi dalam Sistem Kehidupan Kelas 7 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Hal 196 IPA Kls 7 Mengamati dan Menalar

Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 196 Mengamati dan Menalar
Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 196 Mengamati dan Menalar

Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 196 Mengamati dan Menalar

Mengamati Dan Menalar
Apakah perbedaan energi terbarukan dan tak terbarukan? 

1. Amati perbedaan spiritus dan panas matahari sebagai sumber energi untuk memanaskan air. Manakah yang dapat habis dan manakah yang tidak dapat habis? Coba jelaskan. M
2. Amati perbedaan antara angin yang memutar kincir dari kertas dan batu baterai yang menggerakkan kipas angin. Manakah sumber energi yang dapat habis? 
3. Spiritus dan batu baterai adalah sumber energi yang tak terbarukan, sedangkan matahari dan angin adalah energi yang terbarukan. Apa arti kedua jenis energi tersebut? 
4. Tuliskan kesimpulan dari hasil pengamatanmu. Kemudian, diskusikan dengan temanmu di kelas.

Jawaban :
1. Spiritus akan habis jika kita menggunakannya secara terus-menerus, sedangkan panas matahari tidak akan habis karena itu adalah sumber energi panas bagi bumi, yang tidak bisa diambil energinya oleh manusia.

2. Energi yang dapat habis yaitu energi yang berasal baterai karena kipas angin berputar hanya karena energi dari baterai tersebut. Sedangkan kincir angin terbuat dari kertas yang di tiup oleh angin itu kan berputar terus-menerus sampai kincir angin tersebut rusak kecepata perputaran kincir tersebut tergantung kecepatan angin tersebut.

3. Energi yang tak terbarukan adalah energi yang tidak selalu tersedia di alam.  Jenis energi ini biasanya terbatas, Contohnya ya seperti batu baterai dan Spritus
Energi yang terbarukan adalah energi yang banyak tersedia di alam sehingga mudah didapatkan. Misalnya angin dan matahri yang selalu mengeluarkn energi.

4. Jika kita simpulkan, bahwa energi yang tidak akan habis ialah energi yang berasal dari alam, sedangkan energi yang di hasilkan oleh manusia, seiring berjalannya waktu akan habis dan musnah.