Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 199 Ayo Kita Latihan

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas 7 halaman 199. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Ayo Kita Latihan halaman 199 Buku siswa untuk Semester 1 Kelas VII SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 6 Energi dalam Sistem Kehidupan Kelas 7 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Ayo Kita Latihan Hal 199 IPA Kls 7

Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 199 Ayo Kita Latihan
Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 199 Ayo Kita Latihan

Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 199 Ayo Kita Latihan

Ayo Kita Latihan
1. Apa yang dimaksud dengan energi?
2. Seberapa penting energi bagi kehidupan? Jelaskan.
3. Apa yang kamu ketahui mengenai energi biomassa? Jelaskan.
4. Carilah literatur sebanyak-banyaknya mengenai cara untuk menghemat energi.

Jawaban :
1. Energi adalah kemampuan yang bertujuan untuk melakukan usaha kerja atau kemampuan untuk melakukan sebuah perubahan. Energi merupakan besaran dengan satuan Joule atau setara dengan kg m²/s².

2. Sangat penting karena energi merupakan salah satu sumber kehidupan manusia. Manusia dapat bergerak dan beraktivitas karena adanya energi. Energi itu sendiri merupakan kemampuan untuk melakukan usaha dari setiap aktivitas.
berdasarkan peranannya, energi mempunyai manfaat masing masing dalam peran kehidupan manusia,yaitu:
a. Energi Panas atau Kalor
energi panas bersumber dari matahari. contohnya api, sehingga kita dapat menggunakan kompor dan membantu memasak makanan.
b. Energi Kimia
 Energi kimia adalah energi yang dihasilkan oleh senyawa kimia yang stabil  akibat interaksi elektron antar atom atau antar molekul.
c. Energi Cahaya
Energi cahaya merupakan energi yang mengahasilkan sumber cahaya. Seperti
halnya kita ketahui, matahari adalah sumber energi yang paling besar1
. Contoh dari energi cahaya yaitu lampu, lilin, senter, dan lain-lain
d. Energi listrik
Energi listrik atau tenaga listrik adalah salah satu jenis energi utama yang dibutuhkan bagi peralatan listrik atau energi yang tersimpan dalam arus listrik dengan satuan ampere (A) dan tegangan listrik dengan satuan volt (V) dengan ketentuan kebutuhan konsumsi daya listrik dengan satuan Watt (W) untuk menggerakkan motor, lampu penerangan, memanaskan, mendinginkan atau menggerakkan kembali suatu peralatan mekanik untuk menghasilkan bentuk energi yang lain. Energi listrik menjalankan peralatan rumah tangga, peralatan perkantoran, mesin industri, kereta api listrik, lampu umum, alat pemanasan, memasak, dan lain-lain.
e. Energi air
Energi air adalah energi yang telah dimanfaatkan secara luas di Indonesia yang dalam skala besar telah digunakan sebagai pembangkit listrik. Beberapa perusahaan di bidang pertanian bahkan juga memiliki pembangkit listrik sendiri yang bersumber dari energi air. Di masa mendatang untuk pembangunan pedesaan termasuk industri kecil yang jauh dari jaringan listrik nasional, energi yang dibangkitkan melalui sistem mikrohidro diperkirakan akan tumbuh secara pesat.

3. Energi biomassa adalah energi yang diperoleh dari sumber berupa hewan dan tumbuhan yang hidup dan sisa-sisa hewan dan tumbuhan yang telah mati. Ketika hidup, tumbuhan menghasilkan energi dari proses fotosintesis, selanjutnya tumbuhan dimakan oleh hewan sehingga energi tersebut tersimpan dalam tubuh hewan. Setelah mati, sisa-sisa hewan dan tumbuhan masih menyimpan energi dalam bentuk senyawa organik yang dapat dimanfaatkan kembali, misal sebagai bahan bakar.

4. Contoh perilaku hemat energi:
a) mengurangi penggunaan kendaraan bermotor  
b) menggunakan transportasi umum mematikan televisi bila tidak ditonton  
c) mematikan kipas angin dan air conditioner bila tidak ada orang di ruangan  
d) mematikan lampu saat siang hari
e) mematikan kompor bila tidak digunakan

Pembahasan:
Penghematan energi, seperti energi listrik dan bahan bakar minyak (BBM), sangat penting dalam kehidupan kita dan dapat memberi manfaat. Sebaliknya pemborosan listrik akan mengakibatkan banyak persoalan, antara lain menghabiskan uang, dan meningkatkan polusi.
Contoh perilaku hemat energi antara lain adalah dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan menggunakan transportasi umum. Kendaraan pribadi menggunakan sangat banyak energi dalam bentuk bahan bakar minyak. Bila banyak orang yang menggunakan kendaraan pribadi, maka banyak pula BBM yang dihabiskan.
Sementara kendaran umum akan menghemat energi karena dengan penggunaan bahan bakar minyak yang sama, kendaraan ini bisa dimanfaatkan banyak orang.
Mengurangi penggunaan alat elektronik juga merupakan perilaku hemat energi. Alat elektronik menggunakan energi listrik, yang pada gilirannya energi listrik ini dihasilkan dari pembangkit listrik yang mengkonsumsi bahan bakar seperti batu bara dan gas bumi.  
Karena itu, mengurangi penggunaan alat listrik yang tidak perlu akan mengurangi penggunaan energi. Misalnya, kita dapat mematikan televisi bila tidak ditonton, mematikan kipas angin dan air conditioner bila tidak ada orang di ruangan dan mematikan lampu saat siang hari.