Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jelaskan apa fungsi sayap yang ada di serbuk sari dan biji tumbuhan Gymnospermae?

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas 9 halaman 80 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Ayo Kita Pikirkan Halaman 80 Buku siswa untuk Semester 1 Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas 9 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban IPA Kls 9 Hal 80Ayo Kita Pikirkan

Jelaskan apa fungsi sayap yang ada di serbuk sari dan biji tumbuhan Gymnospermae?
Jelaskan apa fungsi sayap yang ada di serbuk sari dan biji tumbuhan Gymnospermae?

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 80 Ayo Kita Pikirkan

Setelah kamu mempelajari tentang materi penyerbukan dan penyebaran biji pada tumbuhan Angiospermae dan juga tentang materi struktur serbuk sari dan biji pada tumbuhan Gymnospermae, coba jelaskan apa fungsi sayap yang ada di serbuk sari dan biji tumbuhan Gymnospermae?

Jawaban :
Sayap pada serbuk sari digunakan untuk membantu serbuk sari mencapai ovum dan bakal biji karena pada Gymnospermae strobilus jantan dan strobilus betina tidak terletak berdekatan. Biji bersayap juga digunakan untuk melakukan pemencaran biji dengan bantuan angin. Penyerbukan pada Gymnospermae tergolong anemogami (penyerbukan dengan bantuan angin) dan penyebaran bijinya tergolong anemokori (pemecaran biji dengan bantuan angin).


Jawaban Panjang :
Tanaman dari jenis Gymnospermae (tanaman berbiji terbuka) seperti pinus, memiliki struktur berbentuk mirip sayap pada serbuk sari dan bijinya untuk membantu penyerbukan dan persebaran.

Serbuk sari yang memiliki sayap akan tertiup oleh angin, dan dapat mendarat di putik bunga dan akan terjadi penyerbukan di putik bunga ini. Sayap ini memungkinkan serbuk sari tertiup dalam jarak yang jauh, sehingga dapat menjangkau bunga betina.

Sayap ini adalah salah satu adaptasi untuk membantu penyerbukan dengan angin dari Gymnospermae seperti pohon pinus. Adaptasi lain adalah bentuk serbuk sari yang ringan, sehingga mudah tertiup dan terlepas dari bunganya, serta jumlah serbuk sari yang sangat besar, untuk meningkatkan kemungkinan serbuk sari mendarat di putih bunga.

Setelah terjadi penyerbukan, akan tumbuh biji yang juga memiliki sayap. Sayap ini untuk membantu penyebaran dengan angin.

Karena tidak memiliki buah, serbuk sari dan biji tanaman Gymnospermae langsung terbuka dan terekspos oleh angin. Ketika ada angin, biji akan terlepas dari kantong biji dan kemudian tertiup hingga jarak yang sangat jauh, karena adanya sayap ini. Dengan demikian, pinus dan Gymnospermae lainnya dapat tersebar dalam wilayah yang luas.