Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 176 Ayo Kita Diskusikan

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas 9 halaman 176 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Ayo Kita Diskusikan Halaman 176 Buku siswa untuk Semester 1 Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 4 Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari Kelas 9 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban IPA Kls 9 Hal 176 Ayo Kita Diskusikan

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 176 Ayo Kita Diskusikan
Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 176 Ayo Kita Diskusikan

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 176 Ayo Kita Diskusikan

Agar lebih memahami konsep beda potensial, diskusikan beberapa pertanyaan berikut! 
1. Jika ada dua benda bermuatan listrik seperti empat gambar berikut, maka benda manakah yang memiliki beda potensial yang lebih besar?

2. Jika selisih potensial antara benda A dan B cukup besar, maka akan terjadi loncatan muatan listrik (elektron). Dari benda mana ke benda manakah loncatan elektron tersebut mengalir? 

3. Apa yang terjadi apabila benda A dan B memiliki elektron yang sama? Apakah ada perpindahan elektron?

Jawaban :
1. Beda potensial adalah perbedaan potensial listrik antara dua titik dalam suatu rangkaian listrik, dan dinyatakan dalam satuan volt. Satu volt didefinisikan sebagai perbedaan potensial listrik antara dua titik kawat konduktor ketika arus listrik satu ampere menghilangkan satu watt daya di antara titik-titik itu.  

Beda potensial dapat diukur dari perbedaan atau selisih muatan listrik dua titik.

Dalam soal a:
Muatan A: +2
Muatan B: -2
Sehingga muatan A lebih besar. Beda potensial kedua muatan adalah:
Beda potensial = |(+2) – (-2)|
                          = 4

Dalam soal b:
Muatan A: +2
Muatan B: +4
Sehingga muatan B lebih besar. Beda potensial kedua muatan adalah:
Beda potensial = |(+2) – (+4)|
                          = 2

Dalam soal c:
Muatan A: -1
Muatan B: -8
Sehingga muatan A lebih besar. Beda potensial kedua muatan adalah:
Beda potensial = |(-1) – (-8)|
                          = 7

Dalam soal d:
Muatan A: -2
Muatan B: -2
Sehingga muatan A dan B sama besar. Beda potensial kedua muatan adalah:
Beda potensial = |(-2) – (-2)|
                          = 0

Jadi beda potensial terbesar ada pada pilihan c, sebesar 7
Pelajari lebih lanjut tiga upaya yang dapat dilakukan untuk m

2. Saat terjadi selisih potensial antara benda A dan B, timbul aliran arus listrik dari benda dengan potensial tinggi menuju benda dengan potensial rendah. Aliran listrik terjadi karena elektron berpindah dari benda dengan potensialnya rendah menuju ke tempat yang potensialnya tinggi.

Hal ini berarti, meskipun arus listrik ditimbulkan oleh elektron, namun arah arus listrik berlawanan dengan arah gerak elektron. Elektron bergerak dari benda yang memiliki potensial rendah menuju benda dengan potensial tinggi.

3. Jika terdapat dua buah benda yang memiliki jumlah elektron sama, maka benda tersebut akan memiliki potensial listrik yang sama. Sedangkan jika dua buah benda memiliki jumlah elektron berbeda, maka benda akan memiliki beda potensial listrik. Listrik hanya bisa mengalir pada dua muatan yang memiliki beda potensial. Kemudian akan mengalir dari potensial tinggi (muatan lebih besar) ke potensial rendah (muatan kecil).

Dalam soal ini, benda A dan B memiliki elektron yang sama. Artinya benda memiliki potensial listrik yang sama. Hal ini menimbulkan tidak adanya perpindahan elektron antara kedua benda.