Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 202 -203 Ayo Kita Selesaikan

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas 9 halaman 202 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA  Ayo Kita Selesaikan Halaman 202-203 Buku siswa untuk Semester 1 Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 5 Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari Kelas 9 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban IPA Kls 9 Hal 202 Ayo Kita Selesaikan

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 202 -203 Ayo Kita Selesaikan
Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 202 -203 Ayo Kita Selesaikan

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 202 -203 Ayo Kita Selesaikan

Manakah rangkaian listrik pada Tabel 5.1 yang merupakan jenis rangkaian listrik tertutup dan jenis rangkaian listrik terbuka? Jelaskan dan berikan alasanmu. 
Tabel 5.1 Rangkaian Listrik Tertutup dan Listrik Terbuka
Jawaban :
Dari gambar tersebut, yang termasuk rangkaian listrik tertutup adalah nomor 3, sedangkan yang termasuk rangkaian listrik terbuka adalah nomor 4 dan 5.

Penjelasan:
Rangkaian listrik terdiri dari minimum tiga komponen, yaitu sumber arus/tegangan (batere, aki, listrik PLN, dll), beban (lampu, tv, radio, dan alat listrik lainnya), dan penghantar (kabel). Sepeti namanya, rangkaian tertutup adalah rangkaian listrik yang tersambung secara utuh tanpa putus.

Kita lihat ketiga rangkaian pada soal, rangkaian terdiri dari batere (sumber tegangan), kabel (penghantar), dan lampu (beban). Pada gambar nomor tiga, ketiga komponen tersebut (batere, kabel, dan lampu) tersambung secara utuh tanpa putus. Karenanya, gambar nomor tiga adalah termasuk rangkaian tertutup.

Sedangkan rangkaian terbuka adalah kebalikan dari rangkaian tertutup. Pada gambar nomor 4 dan 5, kita bisa lihat bahwa ketiga komponen kita tidak terhubung secara sempurna (ada yang putus). Karenanya, kedua gambar tersebut termasuk dalam rangkaian terbuka.

Apa yang perlu kamu diskusikan?
Jelaskan apa perbedaan dari rangkaian listrik tertutup dan terbuka?

Jawaban :
  • Rangkaian tertutup artinya rangkaian ini menghubungkan kutub postif dan negatif sumber arus listrik, sehingga arus listrik dapat mengalir dalam rangkaian ini
  • Rangkaian terbuka artinya rangkaian tidak dapat menghubungkan kutub postif dan negatif sumber arus listrik, sehingga tidak ada arus listrik yang mengalir