Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 137 - 138 Evaluasi Bab 8

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Agama Islam untuk Kelas 11 halaman 137 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PAI Evaluasi Halaman 137-138 Buku siswa untuk Semester 2 Kelas XI SMA/SMK/MA. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 8 Hormati dan Sayangi Orang Tua dan Gurumu Kelas 11 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban PAI Kls 11 Hal 137 Uji Kompetensi Bab 8

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 137 - 138 Evaluasi Bab 8
Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 137 - 138 Evaluasi Bab 8

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 137 - 138 Evaluasi Bab 8

A. Pilihan Ganda Halaman 137-138

1. Di bawah ini adalah ayat-ayat yang memerintahkan untuk berbakti kepada kedua orang tua, kecuali....
Jawaban: e. Q.S. al-Isrā’/17: 17 

2. Orang tua yang harus dihormati terlebih dahulu adalah ....
Jawaban: c. ibu 

3. “Riḍa Allah Swt. ada pada riḍa orang tua, dan murkanya Allah ada pada murka orang tua” maksud hadis tersebut adalah ....
Jawaban: c. kalau ingin mendapat riḍa Allah, hormati orang tua 

4. Sering seorang siswa membeda-bedakan fungsi antara orang tua dan guru, padahal fungsi keduanya hampir sama. Di bawah ini adalah fungsi orang tua dan guru yang sama, kecuali...
Jawaban: d. memberi makan untuk pertumbuhan 

5. Yang termasuk cara berbakti kepada kedua orang tua dan guru adalah ....
Jawaban: c. mendengarkan nasihatnya 

B. Esai Halaman 138

1. Mengapa kita diwajibkan untuk menghormati orang tua dan guru?
Jawaban: 
Karena mereka adalah orang yang selalu mengajarkan dan membimbing kita hingga kita bias dan kebaikan yang mereka berikan tak terhingga, serta rida orangtua adalah rida Allah. 

2. Tulislah hadis yang menjelaskan bahwa ibu adalah manusia yang paling pertama untuk dihormati sebelum seorang bapak/ayah! Berikan alasannya mengapa ibu menduduki posisi istimewa!
Jawaban: 
Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, belia berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.'” (HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548) 

3. Jelaskan pengaruh durhaka kepada orang tua dalam kehidupan anak!
Jawaban:
  • Masa depan hancur 
  • Shalatnya tidak diterima 
  • Masuk neraka 

4. Jelaskan kedudukan profesi guru dalam Islam!
Jawaban: 
Guru adalah pewaris para nabi, karena guru wahyu atau ilmu para nabi diteruskan kepada umat manusia. Imam Al Ghazali mengkhususkan guru dengan sifat- sifat kesucian, kehormatan dan penempatan guru langsung sesudah kedudukan para nabi.

5. Bagaimana cara menghormati orang tua dan guru? Jelaskan!
Jawaban: 
Cara menghormati Orang tua: Berbakti dengan melaksanakan nasihat dan perintah yang baik dari keduany, Merawat dengan penuh keikhlasan dan kesabaran apalagi jika keduanya sudah tua dan pikun, Merendahkan diri, kasih sayang, berkata halus dan sopan, serta mendoakan keduanya, Rela berkorban untuk orang tuanya.

Cara menghormati Guru: Menghormati dan memuliakannya, mengikuti nasihatnya, Mengamalkan ilmunya dan membaginya kepada orang lain, Tidak melawan, menipu, dan membuka rahasia guru, Memuliakan keluarga dan sahabat karib guru.