Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 180 - 181 Evaluasi Bab 10

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Agama Islam untuk Kelas 11 halaman 180 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PAI Evaluasi Halaman 180-181 Buku siswa untuk Semester 2 Kelas XI SMA/SMK/MA. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 10 Bangun dan Bangkitlah Wahai Pejuang Islam Kelas 11 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban PAI Kls 11 Hal 180 Uji Kompetensi Bab 10

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 180 - 181 Evaluasi Bab 10
Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 180 - 181 Evaluasi Bab 10

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 180 - 181 Evaluasi Bab 10

A. Pilihan Ganda Halaman 180-181

1. Di antara faktor yang melatarbelakangi bangkitnya umat Islam pada abad ke18 adalah ...
b. benturan antara kekuatan Barat dan kekuatan Islam

2. Cara untuk mengubah pola pikir umat Islam dari keterbelakangan adalah pendidikan. Hal ini secara jelas dikemukakan oleh...
c. Syah Ahmad Khan

3. Jamaludin Al-Afghani adalah tokoh pembaru Islam dari negara ...
b. Afganistan

4. “Kekuasaan raja yang absolut harus dibatasi oleh syariat, raja harus bermusyawarah dengan ulama dan intelektual”. Gagasan ini dimunculkan oleh ...
e. Jamaludin Al-Afgani

5. Ijtihad merupakan dasar penting dalam menafsirkan kembali ajaran Islam. Hal
ini secara jelas dikemukakan oleh ...
d. Muhammad Abduh

B. Esai Halaman 181

1. Apa alasan bangsa Eropa menjajah negara-negara Islam atau negara berpenduduk mayoritas Islam?
Penyelesaian:
Salah satu alasan bangsa Eropa menjajjah negara-negara islam atau negara yang mayoritas berpenduduk islam adalah untuk menyebarkan MISI SUCI (Gospel) dengan cara menyiarkan agama kristen bagi masyarakat setempat yang dijajah.

Pembahasan
Tujuan penjajahan yang dilakukan bangsa eropa baik itu di negara (bangsa) mayoritas beragama islam atau pun tidak adalah sebagai berikut:

GOLD, GLORY, GOSPEL

GOLD berkaitan dengan tujuan bangsa eropa untuk mendapatkan kekayaan dari komoditas perdagangan yang berharga seperti rempah-rempah dan bahan tambang.

GLORY berkaitan dengan tujuan bangsa eropa untuk mendapatkan kejayaan. Sebab semakin banyak wilayah jajahan yang suatu bangsa duduki maka semakin superior kedudukannya di hadapan bangsa-bangsa eropa lainnya.

GOSPEL adalah tujuan bangsa eropa untuk menyebarkan agama Kristen di wilayah manapun yang mereka duduki. Gospel ini disebut sebagai misi suci yang oleh sejarawan dipercayai sebagai KELANJUTAN DARI PERANG SALIB.

2. Bagaimanakah pemikiran pembaruan yang digagas oleh Jamaluddin AlAfghani?
Penyelesaian:
1. kejayaan kembali umat islam terwujud kalau kembali kepada ajaran islam yang murni dengan meneladani pola hidup sahabat khususnya Khulafa' Al-Rasyidun.

2. perlawanan terhadap kolonialisme dan nominasi berat secara politik, ekonomi dan kebudayaan.

3. pengakuan terhadap keunggulan barat dalam ilmu dan teknologi, dimana umat islam harus belajar tetangnya, yang pada hakekatnya hanya mengambil kembali apa yang dulu disumbangkan islam kepada barat dan kemudian secara selektif di kritisi menggunakannya untuk kejayaan islam.

3. Apa saja usaha-usaha yang dilakukan oleh Sayyid Ahmad Khan untuk memajukan umat Islam India di bidang iptek?
Penyelesaian:
Usaha-usaha yang dilakukan oleh Sayyid Ahmad Khan untuk memajukan umat Islam India di bidang iptek antara lain :
tahun 1876 ia mendirikan sekolah Inggris di Muradabad
tahun 1879 ia mendirikan sekolah muhammedan anglo oriental College ( MAOC) di Aligarh yang merupakan karyanya yang bersejarah dan berpengaruh dalam cita citanya untuk memajukan umat Islam di India 

4. Apa hikmah mempelajari perkembangan Islam pada masa modern?
Penyelesaian:
1. Dapat memberikan gambaran bahwa islam merupakan agama fitrah dan berkembang ke pelosok dunia tidak melalui kekerasan atau peperangan.

2. Dengan melihat perkembangan Islam yang menyebar ke pelosok dunia, umat Islam akan terdorong untuk meningkatkan kualitas, baik secara pribadi maupun umum, agar mampu berperan dalam percaturan dunia yang semakin global.

3.Dapat menimba ilmu pengetahuan tentang perkembangan peradaban umat Islam di berbagai belajan dunia.

4.Memiliki saudara seiman dengan jumlah mencapai 1 milyar.Merasa gembira dengan torehan prestasi dan kemajuan saudaranya sekaligus merasa sedih dan menderita terhadap penderitaan saudaranya yang seiman.

5.Semakin yakin keimanan muslim akan kebenaran agamanya meskipun telah dihambat, dinodai, dan dihalangi dengan berbagai cara oleh mereka yang tidak menyukai Islam.

5. Seperti apakah contoh peristiwa perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan pada masa modern?
Penyelesaian:
1. adanya al-qur'an eletronik yang membantu lebih mudah mempelajari al-qur'an ataupun mendengarkan al-qur'an
2. Pola pembaharuan pendidikan Islam yang berorientasi pada pendidikan modern di Barat.
3. Golongan yang berorientasi pada sumber Islam yang murni.Mereka berpendapat bahwa sesungguhnya Islam itu sendiri merupakan sumber dari kemajuan dan perkembangan peradaban Ilmu Pengetahuan modern. Dalam hal ini Islam telah membuktikannya. Sebab-sebab kelemahan umat Islam meurut mereka adalah karena tidak lagi melaksanakan ajaran Agama Islam sebagaimana mestinya. Ajaran Islam yang sudah tidak murni lagi digunakan untuk sumber kemajuan dan kekuatan. Pola ini dilakukan oleh Muhammad bin Abdul Wahab, Jamaluddin Al-Afghani, dan Muhammad Abduh.
4. Usaha yang berorientasi kepada Nasionalisme.Golongan ini melihat di Barat rasa Nasionalisme ini timbul bersamaan dengan berkembangnya pola kehidupan modern sehingga mengalami kemajuan yang menimbulkan kekuatan politik yang berdiri sendiri. Keadaan ini pada umumnya mendorong Bangsa timur dan bangsa terjajah lainnya untuk mengembangkan nasionalisme mereka masing-masing.