Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 255 - 257 Evaluasi Bab 10

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Agama Islam untuk Kelas 12 halaman 255 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PAI Evaluasi Halaman 255-257 Buku siswa untuk Semester 2 Kelas XII SMA/SMK/MA. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 10 Rahmat Islam bagi Alam Semesta Kelas 12 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban PAI Kls 12 Hal 255 Uji Kompetensi Bab 10

Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 255 - 257 Evaluasi Bab 10
Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 255 - 257 Evaluasi Bab 10

Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 255 - 257 Evaluasi Bab 10

I. Pilihan Ganda Halaman 255-256-257

1. Faktor terpenting yang mendukung berkembangnya Islam di pelosok dunia adalah . . . .
c. Tentara Islam yang kuat  dan kerja sama yang baik

2. Gambar bangunan di bawah ini termasuk bangunan yang monumental dalam perkembangan peradaban Islam di India, yaitu . . . .
e. Taj Mahal

3. Universitas yang  dianggap tertua di dunia, yang berdiri pada tahun 972 adalah . . . .
b. Al-Azhar

4. Salah satu bukti peninggalan peradaban Islam di Spanyol adalah . . . .
c. Istana Al-Hambra

5. Al-Qanun Fi at-T³bb adalah karya besar di bidang kedokteran yang ditulis oleh . . . .
c. Ibnu Sina

II. Isilah pertanyaan-pertanyan di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar! Hal 257

a. Seseorang yang makin banyak ilmunya harus semakin lurus hidupnya, dan lebih bermartabat dan lebih bisa membedakan mana yang hak dan mana yang batil

b. Seseorang yang memiliki etos tinggi dalam menggapai ilmu pengetahuan diwujudkan dalam setiap kehidupannya sehari hari

c. Mengambil pelajaran dan contoh (uswah) bagaimana caranya umat Islam dahulu mampu menjadi Negara Super Power dunia, pusat peradaban dan ilmu pengetahuan, maka sebagai generasi muda Islam harus menguasai iptek dan imtaq serta mengaplikasikannya dalam kehidupan menurut syariat agama

d. Tanggung jawab yang tinggi untuk senantiasa memperjuangkan tercapainya kemuliaan Islam dan kaum muslimin, maka sebagai generasi umat Islam harus taat kepada Allah, menjalankan syariat agama, menjaga ukhuwah, memperdalam ilmu agama, dsb

e. Mempertahankan kebiasaan lama yang baik, yang dicontohkan oleh para ulama assalafus shalih dan para cendekiawan muslim, di antaranya adalah
  • Menerima tamu dengan baik dan memberikan suguhan yang terbaik kepada tamu.
  • Saling memberi kepada tetangga.
  • Saling menyapa ketika bertemu dengan orang lain.
  • Saling mendoakan dan berkirim hadiah.

III. Kerjakan soal berikut dengan benar dan tepat! Hal 257

1. Jelaskan secara singkat perkembangan Islam di Asia!
Jawaban : Pertumbuhan jumlah umat Islam di dunia, akhir-akhir ini begitu cepat, Islam tersebar ke seluruh pelosok dunia dan berkembang di berbagai benua. Agama Islam lahir pada abad ke-7 M di Wilayah Asia Barat, tepatnya di kota suci Mekah, Arab Saudi. Dari kota suci Mekah ini, Islam menyebar ke berbagai wilayah di benua Asia, yakni di wilayah-wilayah Asia Barat, Asia Tengah, Kaukasus, Asia Selatan, Asia Timur, dan Asia Tenggara.
Pada tahun 1990, negara-negara di Asia penduduknya mayoritas Islam adalah : Brunei Darussalam, Indonesia,Irak, Iran, Kuwait, Pakistan, Qatar, Suriah, Turki, Yaman, Oman, Palestina, Turmenistan, Azerbaijan, Kirghistan, Malaysia, Tadzikistan, dan Uzbekistan.

2. Jelaskan secara singkat perkembangan Islam di Eropa!
Jawaban : Perkembanggan islam di eropa terjadi karena adanya perpindahan penduduk atau orang dari luar negeri yang beragama islam yg ingin menetap di eropa dan menikah dengan orang eropa.

3. Sebutkan sebuah bukti fisik tentang kejayaan Islam di Turki!
Jawaban : Sebuah bukti fisik kejayaan Islam di Turki ialah adanya sebuah masjid/museum terkenal di Istambul bernama Aya Sofia. Asalnya adalah sebuah gereja yang bernama Hagia Sophia yang dirubah menjadi masjid ketika ditaklukkan tentara Islam. Di Aya Sofia dipamerkan surat-surat Khalifah (Usmans Fermans) yang menunjukkan kehebatan Khilafah Utsmaniyah dalam memberikan jaminan, perlindungan dan kemakmuran kepada warganya maupun kepada orang asing pencari suaka, tanpa memandang agama mereka (toleransi).

4. Apa yang kalian ketahui tentang keberadaan umat Islam di Amerika?
Jawaban : Yang saya ketahui tentang keberadaan umat Islam di Amerika adalah bahwa pada mulanya kebanyakan berasal dari keturunan orang kulit hitam yang dikenal dengan sebutan “Black Moslem”. Black Moslem didirikan oleh Elijah Muhamad di Chicago. Sesuai dengan namanya Black Moslem mendapat banyak pengikut terutama dari orang-orang yang berkulit hitam. Black Moslem didukung oleh orang-orang berkulit hitam dan berjuang menuntut persamaan hak. Elijah Muhamad dalam organisasinya mengambil prinsip-prinsip ajaran agama Islam yang tidak membedakan warna kulit”.

5. Sebutkan salah satu nama ilmuwan yang memiliki banyak keahlian beserta bidang keahliannya!
Jawaban : MUHAMMAD BIN MUSA AL-KHAWARIZMI , Bidang Matematika

6. Tuliskan biografi singkat salah seorang ilmuwan muslim yang kalian ingat!
Jawaban : Ibnu Sina (980-1037) adalah seorang filsuf, ilmuwan, dan juga dokter kelahiran Persia (Iran). ia juga seorang penulis yang produktif dimana sebagian besar karyanya adalah tentang filosofi dan pengobatan.Ibnu sina bernama lengkap Abu 'Ali al-Husayn bin 'Abdullah bin sina, ibnu sina lahir pada tahun 980 di Afsyahnan daerah dekat Bukhara dan meninggal pada bulan Juni1037 di Hamadan, persia(iran). dia adalah pengarang dari 450 buku pada beberapa pokok bahasan besar.Dia dianggap oleh banyak orang sebagai ''bapak kedokteran''. 

7. Sebutkan nama salah seorang ilmuwan muslim yang paling kalian kagumi dengan menjelaskan alasannya!
Jawaban : Ibnu Sina
Kagum dengan karya-karyanya tentang ilmu kedokteran, beliau adalah inspirasi saya

8. Jelaskan tiga faktor yang mempercepat berkembangnya dakwah Islam di Spanyol menurut analisis kalian!
Jawaban : Tiga faktor yang mempercepat berkembangnya dakwah Islam di Spanyol ialah; 1) Raja-raja Islam yang berkuasa memberi kebebasan pada rakyatnya untuk memeluk masing-masing sehingga lahir rasa empati dan banyak yang memeluk agama Islam secara sukarela, 2) Keberadaan kerajaan Islam di Spanyol merupakan perantara sekaligus obor kebudayaan dan peradaban dan 3) Spanyol menjadi pusat kebudayaan, karena banyaknya para sarjana dan mahasiswa dari berbagai pelosok dunia berkumpul menuntut ilmu di Granada, Cordova, Seville dan Toledo.

9. Jelaskan tiga faktor penyebab kemunduran Islam di dunia menurut analisis kalian!
Jawaban : Tiga faktor penyebab kemunduran Islam di dunia adalah: 1) timbulnya materialisme, yaitu kegemaran penguasa dan masyarakat menerapkan gaya hidup malas yang disertai sikap bermewah mewah. Sikap ini tidak hanya negatif tapi juga mendorong tindak korupsi dan dekadensi moral, 2) hilangnya keadilan di masyarakat yang akibatnya merembes kepada elit penguasa dan sistem politik dan 3) berpindahnya Sumber Daya Manusia (SDM) ke negara lain (braindrain) dan berkurangnya pekerja terampil karena mekanimse rekrutmen yang terganggu. Semua itu bermuara pada turunnya produktifitas pekerja dan di sisi lain menurunnya sistem pengembangan ilmu pengetahuan dan keterampilan.

10. Dakwah Islam ke seluruh penjuru dunia adalah untuk menyebarkan rahmat bagi alam semesta, dengan menanamkan nilai-nilai Islam yang luhur. Berdasarkan informasi yang kalian dapatkan dari berbagai sumber, negara manakah yang menurut kalian paling Islami (karena menerapkan nilai-nilai Islam)? Sebutkan salah satu contoh nyata dari pengamalan nilai Islami tersebut!
Jawaban : Negara Arab Saudi, Negara teokrasi islam, tanpa perlindungan pada hak2 minoritas untuk mempraktikkan kebebasan beragama.