Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 57 - 58 Evaluasi Bab 3

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Agama Islam untuk Kelas 12 halaman 57 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PAI Evaluasi Halaman 57-58 Buku siswa untuk Semester 1 Kelas XII SMA/SMK/MA. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 3 Menghidupkan Nurani dengan Berpikir Kritis Kelas 12 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban PAI Kls 12 Hal 57 Uji Kompetensi Bab 3

Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 57 - 58 Evaluasi Bab 3
Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 57 - 58 Evaluasi Bab 3

Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 57 - 58 Evaluasi Bab 3

I. Pilihan Ganda Halaman 57

1. Pada lafal wahh tilafi terdapat aturan bacaan Mad . . . .
a. Tabi’i

2. Perhatikan serpihan ayat berikut . wahh tilafill laiyli wannahari
Potongan ayat di atas artinya . . . .
c. dan pergantian malam dan siang

3. Arti “ulil albab” ialah . . . .
e. orang yang arif sehat

4. Sikap yang sempurna terhadap ayat al-Quran ialah . . . .
e. membacanya setiap ketika untuk mendapat kelancaran usaha

5. Berikut ini tidak termasuk perilaku seorang ulil albab yang tercantum dalam Q.S. ali ‘Imran/3:191 yaitu . . . .
b. Menghafalkan ayat-ayat tertentu

II. Isilah pernyataan-pernyataan di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar. Hal 58

1. Jelaskan apa saja yang harus dilakukan oleh umat islam terhadap ayat-ayat al-Qur’an yang menjelaskan tentang fenomena alam!
Hal yang harus dilakukan oleh umat islam terhadap ayat yang menjelaskan tentang fenomena alam adalah memahami isi kandungan ayat tersebut, mengenal kebesaran Allah dari fenomena alam yang terjadi dan mengkaji ayat yang menjelaskan tentang fenomena alam tersebut sebagai sumber ilmu pengetahuan.

2. Berdasarkan analisismu, jelaskan beberapa manfaat diciptakannya semut!
Beberapa manfaat semut :

    Semut Bermanfaat untuk menjaga kebun dari serangan hamadan penyakit, karena semut dapat memangsa hama yang secara langsung merusak tanaman ataupun yang menyebarkan penyakit pada tanaman.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa semut jenis Rangrang dapat memangsa berbagai jenis hama tanaman seperti: Hama kepik hijau, Ulat pemakan daun, Ulat pemakan buah dan berbagai jenis kutu-kutuan pada tanaman coklat, mete dan jeruk.
    Semut Bermanfaat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Pada beberapa penelitian menunjukkan bahwa semut ampuh untuk mengobati penyakit Kanker, Kolesterol, Maag, dan Asam Urat.
    Semut Bermanfaat untuk memberikan kita pelajaran berharga

3. Nyamuk yang biasa terbang ternyata menjadi makanan cicak yang tidak dapat terbang. Jelaskan makna di balik fakta tersebut!
Makna nyamuk yang bisa terbang ternyata menjadi makanan cicak yang tidak dapat terbang adalah rezeki telah diatur oleh Allah Swt.

4. Jelaskan karakterristik orang yang cerdas dalam pandangan rasullah saw!
Karakteristik orang yang cerdas dalam pandangan Rasulullah SAW adalah orang Mukmin yang paling banyak mengingat mati serta paling baik persiapannya guna menghadapi kehidupan selanjutnya setelah mati.

5. Jelaskan sikap dan perilaku umat islam yang sejalan dengan pola piker kritis dan cerdas!
Sikap dan prilaku umat islam yg sejalan dg pola pikir kritis dan cerdas adalah  selalu berfikir sebelum bertindak , berfikir apakah tindakannya nanti itu ada tuntunan apa tidak , berfikir apakah akibat dari tindakannya nanti.

III. Kerjakan soal-soal berikut dengan benar dan tepat! 

-