Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 6 Kegiatan 2 Bab 1

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk Kelas 10 halaman 6 Pembahasan kali ini kita akan bahas kegiatan 2 yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia Halaman 6 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Mengungkap Fakta Alam secara Objektif ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Kegiatan 2 Bab 1 Hal 6 Bahasa Indonesia Kls 10

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 6 Kegiatan 2 Bab 1

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 6 Kegiatan 2 Bab 1

Kegiatan 2 Bab 1 Halaman 6

Soal
    Lihatlah hasil prediksi kalian pada kegiatan 1. Apakah prediksi kalian tepat? Informasi atau pengetahuan awal kalian terhadap suatu teks akan sangat membantu dalam membuat prediksi dan mengecek kebenaran informasi sebuah teks. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, ketepatan dan kebenaran informasi yang disampaikan merupakan ciri khas laporan hasil observasi 
    Selain sifat informasi yang disampaikan, laporan hasil observasi juga memiliki ciri khas lain pada struktur teksnya. Kalian dapat mencoba memahami struktur teks laporan hasil observasi dengan menganalisis laporan hasil observasi berjudul “Belalang Anggrek” di atas. Jika kalian cermati, penulis laporan membagi laporannya ke dalam tiga penjelasan pokok. Apa sajakah tiga penjelasan pokok tersebut?


Kunci Jawaban 

Dari teks Belalang Anggrek tersebut, kita dapat menganalisis bahwa teks laporan hasil observasi memiliki tiga buah struktur atau tiga penjeleasan pokok, yakni:

  1. Pernyataan umum. Pada bagian ini, penulis menjelaskan mengenai belalang anggrek atau Hymenopus Coronatus secara umum. Penulis memaparkan tempat hidup belalang tersebut dan bentuk fisiknya secara umum.
  2. Deskripsi bagian. Dalam teks, bagian ini diawali dengan kalimat “Pada bagian berikutnya, saya akan menjelaskan ciri khas belalang anggrek ....”. Deskripsi bagian berfungsi untuk menyampaikan informasi terperinci dan mendetail mengenai bagian tubuh dari belalang anggrek, warna tubuhnya, makanannya, sampai fase metamorfosisnya.
  3. Deskripsi manfaat. Pada teks, bagian ini diawali oleh kalimat “Sebagai penutup, saya akan menyampaikan manfaat belalang anggrek.” Dalam deskripsi manfaat, penulis menjelaskan mengenai manfaat belalang anggrek bagi manusia.
Bandingkan hasil analisismu dengan penjelasan berikut! Secara umum, teks laporan hasil observasi disusun dengan struktur berikut.
1. Pernyataan umum atau klasifikasi Bagian ini berisi pembuka atau pengantar mengenai hal yang akan disampaikan, hal umum tentang objek yang akan dikaji, dan menjelaskan secara garis besar pemahaman tentang hal tersebut. Contohnya, jika objek observasi adalah binatang, hal yang dibahas di bagian ini adalah nama ilmiah, klasifikasi umum binatang (serangga, mamalia, unggas, dll.), dan tempat hidup secara umum. 
2. Deskripsi bagian Bagian ini berisi penjelasan detail mengenai objek atau bagian-bagian dari objek. Contohnya, jika objek observasi adalah binatang, hal-hal yang dapat dibahas di bagian ini adalah bagian tubuh, pola makan, daur hidup, habitat, kebiasaan unik, dll. 
3. Deskripsi manfaat atau kesimpulan Bagian ini menjelaskan manfaat dari objek yang diobservasi, baik bagi manusia maupun alam secara umum. Untuk lebih jelasnya, pelajarilah struktur teks laporan hasil observasi Belalang Anggrek berikut!