Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 162 Uji Pemahaman Bagian 3 unit 5

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 10 halaman 162 Pembahasan kali ini kita akan bahas uji pemahaman bagian 3 unit 5 yang ada pada buku paket PPKN Halaman 162 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bagian 3 Bhineka Tunggal Ika ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Uji Pemahaman Unit 5 Bagian 3 Hal 162 PPKN Kls 10

 

Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 162 Uji Pemahaman Bagian 3 unit 5


Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 162 Uji Pemahaman Bagian 3 unit 5

Uji Pemahaman Unit 5 Bagian 3 Halaman 162

Soal
Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kalian tentang unit ini, jawablah pertanyaan berikut: 
 
1. Pernahkah kamu menemukan praktik-praktik yang bertentangan dengan sema- ngat penghargaan terhadap keragamaan di lingkungan sekolah atau tempat ting- galmu? Berikan penjelasan. 
 
2. Banyak sekali budaya luar yang datang ke Indonesia dan disukai oleh anak-anak muda. Bagaimana kalian menjelaskan kenyataan ini?

Kunci Jawaban 
1. Di lingkungan sekitar, berikut adalah beberapa praktik-praktik yang bertentangan dengan sikap saling menghargai terhadap keragaman:
  • Menutup tempat ibadah yang digunakan oleh agama lain meskipun tempat ibadah tersebut sudah memiliki izin yang diperlukan.
  • Adanya diskriminasi yang masih terjadi kepada etnis-etnis tertentu.
  • Adanya stereotip yang dikenakan pada suku bangsa tertentu sehingga mendorong perilaku yang cenderung diskriminatif.

2. Adanya budaya asing yang disukai oleh anak-anak muda di Indonesia ini pada dasarnya merupakan hal yang sangat wajar karena merupakan salah satu pengaruh dari adanya perkembangan teknologi dan juga globalisasi. Namun, hal ini bisa menjadi buruk ketika anak-anak muda tersebut meninggalkan dan melupakan budaya daerah yang sebenarnya merupakan kekayaan dari bangsa Indonesia. Tidak adanya pelestarian yang dilakukan terhadap budaya daerah ini akan membuat budaya daerah tergantikan dengan budaya asing.