Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 26 - 27 Uji Pemahaman Bagian 1 unit 1

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 10 halaman 26 - 27 Pembahasan kali ini kita akan bahas uji pemahaman bagian 1 unit 1 yang ada pada buku paket PPKN Halaman 26 - 27, Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bagian 1 Pancasila. ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Uji Pemahaman Unit 1 Bagian 1 Hal 26 - 27 PPKN Kls 10

Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 26 - 27 Uji Pemahaman Bagian 1 unit 1


Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 26 - 27 Uji Pemahaman Bagian 1 unit 1

Uji Pemahaman Unit 1 Bagian 1 Halaman 26, 27

Soal
Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kalian tentang unit ini, jawablah pertanyaan berikut.

 a. Bagaimana pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno terhadap negara merdeka? Apa perbedaannya? 

b. Menurut kalian, apa yang menjadi kesamaan pemikiran dari pendiri bangsa terhadap pengertian negara merdeka? 

c. Jelaskan makna dari negara merdeka menurut pandangan kalian sendiri? 

d. Bagaimana memaknai proses perancangan dan isi dari rumusan dasar negara yang bernama Mukadimah Hukum Dasar atau yang juga dikenal Piagam Jakarta? 

e. Apa pandangan para pendiri bangsa terkait isi Mukadimah, terutama frase “Ketuhanan, dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”?


Kunci Jawaban 
a. Mohammad Yamin menuliskan lima poin bagi Indonesia merdeka, yaitu:
    a. Ketuhanan Yang Maha Esa;
    b. Kebangsaan persatuan Indonesia;
    c. Rasa kemanusiaan yang adil dan beradab;
    d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan;
    e. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 
soepomo menyampaikan
lima dasar bagi negara merdeka, yaitu: (1) Persatuan, (2) Kekeluargaan, (3) Keseimbangan lahir dan batin, (4) Musyawarah, (5) Keadilan rakyat.
Yang terakhir padangan Sukarno, 
yaitu 1) Kebangsaan Indonesia atau Nasionalisme, 2) Peri Kemanusiaan (Internasionalisme), 3) Mufakat atau demokrasi, 4) Kesejahteraan Sosial, 5) Ketuhanan yang Maha Esa.
Tiga pendapat tokoh semua berbeda, Moh. Yamin menekankan pada azas dan dasar negara, Supomo menekankan pada intgralistik, sedangkan Sukarno menekankan pada nasionalisme. 


b. Hal yang menjadi kesamaan pemikiran dari pendiri bangsa terhadap pengertian negara merdeka adalah kebebasan dalam bernegara yang dimana pemerintahannya diatur oleh negara itu sendiri tanpa dengan ikut campurnya negara lain. Kemerdekaan suatu negara tentunya sangat berkaitan dengan kedaulatan kepada wilayah negaranya.

c. Merdeka memiliki arti sebagai "bebas" dari suatu paksaan ataupun kendali yang dilakukan oleh negara lain. Indonesia merupakan negara yang merdeka dengan perjuangan dalam mengusir para penjajah. Dan karena sudah merdeka, bangsa Indonesia telah terbebas dari penjajahan yang pernah terjadi sebelumnya.

d. Piagam Jakarta memuat rumusan awal dari Pancasila, yang kemudian mendapat penyempurnaan dengan menyesuaikan keadaan yang ada di masyarakat Indonesia yang beraneka ragam/majemuk.

e. Pada tanggal 18 Agustus 1945 atas usulan Bung Hatta di ubah . Kesepakatan itu disetujui bersama kelompok Islam yang dipimpin oleh Ki Bagus Hadikusmo, karena ada sekelompok perwakilan tokoh dari  Indonesia timur yang "mengancam" mundur dari Indonesia jika aturan pertama  Piagam Jakarta tetap menggunakan ungkapan "kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya".