Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bagaimana caranya agar bisa menembus langit?

Bagaimana caranya agar bisa menembus langit?

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau PAI.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas VII SMP/MTs untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013 Revisi tahun 2017.

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 790 - 92 Ayo Berlatih dan terdapat pada Bab 6 Dengan Ilmu Pengetahuan Semua Menjadi Lebih Mudah. Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

Bagaimana caranya agar bisa menembus langit?

Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan

 

Soal dan Jawaban :

10. Bagaimana caranya agar bisa menembus langit?
Jawaban :

يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوا مِنْ أَقْطَارِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ فَانْفُذُوا ۚ لَا تَنْفُذُونَ إِلَّا بِسُلْطَانٍ

Artinya : “Hai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.”(Qs. Ar-Rahman : 33). Dari surah ini, dapat dijelaskan bahwa manusia tidak dapat menembus / melintasi langit kecuali dengan kekuatan. Kekuatan disini memiliki makna bisa dengan upaya dan usaha, namun upaya dan usaha saja tidak cukup, masih diperlukan ilmu dan ketakwaan kepada Allah SWT agar manusia mampu menembus langit
 
Pembahasan :
Setiap manusia baik yang beriman maupun tidak beriman, diwajibkan untuk senantiasa menuntut ilmu dari ia lahir hingga meninggal. Hal ini disebabkan orang yang berilmu akan mendapatkan kebahagiaan dunia maupun akhirat terutama bagi kaum muslimin. Hal ini didasari dari hadits "Siapa yang menghendaki kebahagiaan hidup dunia, harus dengan ilmu, dan siapa yang menghendaki kebahagiaan akhirat harus dengan ilmu dan barang siapa yang menghendaki kebahagiaan keduanya (dunia dan akhirat) juga harus dengan ilmu".(HR. Tabrani). Selain itu bagi manusia yang senantiasa menuntut ilmu terutama ilmu agama, hidupnya akan senantiasa diridhai oleh Allah SWT, serta mempermudah jalannya untuk mencapai Jannah-Nya. 

Penutup

yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 90 - 92 Ayo Berlatih. Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.