Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Di antara bentuk pengamalan dari keyakinan terhadap al-Basir adalah...

Di antara bentuk pengamalan dari keyakinan terhadap al-Basir adalah...

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau PAI.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas VII SMP/MTs untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013 Revisi tahun 2017.

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 12, 13, 14 Ayo Berlatih dan terdapat pada Bab 1. Lebih Dekat dengan Allah Swt. yang Sangat Indah Nama-Nya. Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban Pilihan Ganda dan Uraian ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

 

Di antara bentuk pengamalan dari keyakinan terhadap al-Basir adalah... A. introspeksi diri untuk kebaikan B. amar ma’ruf nahi munkar C. menjadi suri tauladan bagi orang lain D. mau mendengarkan nasihat guru

Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan

 

Soal dan Jawaban :

10. Di antara bentuk pengamalan dari keyakinan terhadap al-Basir adalah...
A. introspeksi diri untuk kebaikan
B. amar ma’ruf nahi munkar
C. menjadi suri tauladan bagi orang lain
D. mau mendengarkan nasihat guru
Jawaban :
A. introspeksi diri untuk kebaikan

Pembahasan :

Allah Subhanahuwataala memperkenalkan diriNya kepada seluruh hambanya adalah melalui nama-nama yang baik dan indah atau yang kita sebut dengan Asma'ul Husna. Di dalam Al-quran banyak sekali nama-nama Allah, namun yang sudah biasa kita kenal sebanyak 99 nama. Adapun dalil yang terkait dengan Asma'ul Husna adalah firman Allah Subhanahuwatala dalam Alquran surat Al-Araf ayat 180.

وَلِلّٰهِ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى فَادْعُوْهُ بِهَاۖ وَذَرُوا الَّذِيْنَ يُلْحِدُوْنَ فِيْٓ اَسْمَاۤىِٕهٖۗ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ ۖ

(Dan Allah memiliki Asma'ul-husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asma'ul-husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan).

Kemudian Al-Bashir artinya Allah Maha Melihat, adapun melihat Allah berbeda dengan melihat makhlunya yang serba terbatas. Faedah dari mengenal meyakini Al-Bashir adalah:

  • Allah maha sempurna penglihatannya
  • Allah maha melihat baik yang tersembunyi maupun yang terang-terangan
  • Allah maha melihat segala aktifitas hambanya
  • Allah maha melihat siapa yang bersungguh-sungguh dan siapa yang tidak
  • Allah maha melihat siapa yang pantas mendapat hidayah dan siapa yang tidak

Sehingga salah satu bentuk pegamalannya dalah Amar Ma'ruf Nahi Munkar.  Yaitu kita berusaha untuk melakukan ibadah dengan benar, dan mengajak orang lain juga menuju kebenaran. Sebaliknya kita berusaha untuk tidak melakukan kemungkaran dan mengajak orang lain untuk tidak melakukan kemungkaran.

Penutup
yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 12, 13, 14 Ayo Berlatih. Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.