Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 224 - 227 Uji Kompetensi

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 224 - 227 Uji Kompetensi

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas VIII SMP/MTs untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Semester 2

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 224, 225, 226, 227 Uji Kompetensi dan terdapat pada Bab 11 Cahaya dan Alat Optik. Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 224 - 227 Uji Kompetensi

Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan
 

Pembahasan :

Uji Kompetensi
Pilihan Ganda
1. B. mata dapat melihat benda karena benda memantulkan cahaya yang diterimanya, sehingga cahaya masuk ke mata
2. C. kornea – pupil – iris – lensa mata (cahaya membentuk bayangan) – bayangan ditangkap retina
3. A. iris
4. C. lensa cekung
5. D. cahaya dibiaskan
6. C. maya, tegak, diperbesar, dan terletak di belakang cermin
7. D. lensa objektif = bayangan nyata dan diperbesar; lensa okuler = bayangan maya dan diperbesar
8. A. lup
9. A. maya, tegak, dan diperkecil
10. B. 2,24

Esai
1. Mata yang normal memiliki kemampuan untuk melihat benda dengan jelas pada jarak yang dekat dan jauh. Mengapa mata kita memiliki kemampuan tersebut?
Jawaban :
Karena lensa mata memiliki kemampuan untuk mengubah bentuknya. Pada saat mata melihat benda yang berada pada jarak jauh, otot siliar akan berkontraksi. Hal ini akan menyebabkan lensa mata menjadi lebih datar atau mata melihat tanpa berakomodasi. Ketika kalian melihat benda yang berada pada jarak dekat, otot siliar akan relaksasi. Hal ini akan menyebabkan lensa mata menjadi lebih cembung. Pada kondisi ini mata dikatakan berakomodasi maksimum.


2. Beni memiliki penglihatan normal, kemudian dia mencoba kacamata Udin yang berlensa negatif. Ternyata, penglihatan Beni menjadi kabur. Mengapa hal ini terjadi?
Jawaban :
Udin menggunakan kacamata agar bayangan jatuh tepat tepat pada retina, sedangkan Beni tidak perlu memakainya karena bermata normal dan bayangan sudah jatuh tepat pada retina.
Penglihatan Beni menjadi kabur ketika memakai kacamata Udin karena dengan adanya lensa tambahan (kacamata) akan menyebabkan bayangan benda tidak dapat jatuh tepat pada retina.


3. Lukislah bayangan yang dibentuk oleh cermin datar untuk bendabenda di bawah ini!
Jawaban :

4. Lensa cembung sering disebut dengan lensa pengumpul (konvergen), sedangkan lensa cekung sering disebut lensa penyebar (divergen), mengapa demikian? Agar mudah menjelaskan, gunakan gambar hasil pembiasan cahaya pada lensa tersebut!
Jawaban :
Karena pada lensa cembung, cahaya yang dibiaskan akan mengumpul, Sedangkan pada lensa cekung, cahaya yang dibiaskan akan menyebar.


5. Seseorang yang memiliki tinggi dari ujung kaki sampai ke matanya 150 cm berdiri di depan cermin datar yang tingginya 30 cm. Cermin itu ditegakkan vertikal di atas meja yang tingginya 80 cm dari lantai. Berapakah tinggi bayangan bagian badan orang itu yang dapat dilihat di cermin?
Jawaban :
DA = BA – BD
 = 150 cm – 80 cm
 = 70 cm
DA = CD = 70 cm.

CA = 2 CD = 2 DA = 140 cm
BC = BA – CA =10 cm
BF = BD – BC = 70 cm
FD = BD – BF = 80 cm – 70 cm = 10 cm.
CF = BD – BC – FD = 80 cm – 10 cm – 10 cm = 60 cm
Jadi, tinggi bayangan bagian badan orang itu yang dapat dilihat di cermin adalah 60 cm.


6. Banyak peristiwa terjadinya orang tenggelam di kolam renang. Salah satu penyebabnya adalah kesalahan memperkirakan kedalaman kolam ketika dilihat dari atas permukaan air kolam. Peristiwa apa yang terjadi pada kasus tersebut? Jelaskan jawaban kamu!
Jawaban :
Dasar kolam tampak dangkal karena sinar datang yang berasal dari dasar kolam dibiaskan menjauhi garis normal. Yang kita lihat sebagai dasar kolam adalah bayangan dari dasar kolam tersebut, bukan dasar kolam yang sebenarnya.
Jadi, persitiwa yang terjadi pada kasus tersebut adalah Pembiasan.


7. Perhatikan gambar di bawah ini! Jika seseorang ingin menombak ikan di dalam air, ke titik manakah posisi ujung tombak diarahkan agar ikan dapat tertangkap? Jelaskan jawaban kamu!
Jawaban :
Orang tersebut harus menombak ke arah titik C, karena ikan yang berada didalam air tersebut adalah bayangan dari Pembiasan Cahaya yang terjadi karena perbedaan medium. Kasusnya sama seperti nomor 6.
Jadi, ke titik C.

Penutup

yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 224 - 227 Uji Kompetensi. Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.