Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 30 Evaluasi Bab 2

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 30 Evaluasi Bab 2

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau PAI.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas X SMA/MA/SMK/MAK untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 30 Evaluasi dan terdapat pada Bab 2 Berbusana Muslim dan Muslimah Merupakan Cermin Kepribadian dan Keindahan Diri. Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 30 Evaluasi Bab 2

Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan
 

Pembahasan :

A. Uji Pemahaman
1. Tulislah salah satu ayat yang berhubungan dengan memanjangkan jilbab hingga ke dada lengkap dengan artinya!
2. Tulislah salah satu Hadis tentang batasan pakaian wanita lengkap dengan artinya!
3. Tuliskan beberapa manfaat menggunakan jilbab!
4. Sebutkan sikap yang harus ditunjukkan ketika terlihat oleh mata ada kemaksiatan!
5. Tuliskan 3 (tiga) dampak negatif akibat membuka aurat
 
Jawaban :
1. Qs. An - Nur ayat 31

وَقـُل لـِّلۡمُؤۡمِنَٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ أَبۡصَٰرِهِنَّ وَيَحۡـفـَظۡنَ فـُرُوجَهُنَّ وَلـَا يُبۡـدِينَ زِينَتـَهُنَّ إِلـَّا مَا ظـَهَرَ مِنۡهَا ۖ وَلۡـيَضۡرِبۡنَ بـِخُمُرِهـِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهـِنَّ ۖ … (النور : 31)

" Katakanlah (wahai Nabi Muhammad) kepada wanita- wanita mukminah, ‘Hendaklah mereka menahan pandangan mereka, dan memelihara kemaluan mereka dan janganlah mereka menampakkan hiasan (pakaian, atau bagian tubuh) mereka kecuali yang (biasa) nampak darinya dan hendaklah mereka menutupkan kerudung mereka ke dada mereka. "

2. Hadits ‘Aisyah rodhiyallohu ‘anha, berkata: أَنَّ أَسْمَاءَ بِنْتَ أَبِي بَكْرٍ، دَخَلَتْ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَيْهَا ثِيَابٌ رِقَاقٌ، فَأَعْرَضَ عَنْهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَقَالَ: «يَا أَسْمَاءُ، إِنَّ الْمَرْأَةَ إِذَا بَلَغَتِ الْمَحِيضَ لَمْ تَصْلُحْ أَنْ يُرَى مِنْهَا إِلَّا هَذَا وَهَذَا» وَأَشَارَ إِلَى وَجْهِهِ وَكَفَّيْهِ. رواه أبو داود.“Bahwasannya Asma bintu Abu Bakr masuk menemui Rosululloh sholallohu ‘alaihi wasallam dengan mengenakan pakaian yang tipis, maka Rosululloh sholallohu ‘alaihi wasallam pun berpaling darinya, Beliau bersabda: “Wahai Asma’ sesungguhnya seorang wanita jika telah baligh tidak boleh terlihat darinya kecuali ini dan ini – beliau menunjuk wajah dan kedua telapak tangannya” [HR. Abu Dawud]
 
3. Beberapa manfaat menggunakan jillbab adalah
  1. Mengikuti dan menjalankan perintah agama.
  2. Mencegah dan menghindari dari tatapan mata pria dan godaan- godaan dari kaum adam sebagai bentuk perendahan derajat dan pelecehan.
  3. Wanita yang menutup aurat akan lebih disegani dan dihormati oleh kaum adam.
  4. Jilbab mampu melindungi kulit wanita yang sensitif dari sengata sinar ultra violet.
  5. Kulit wanita akan senantiasa sehat dan terhindar dari kanker kulit.
  6. Dengan memakai jilbab, mampu menjaga kesehatan rambut baik dari polusi, matahari, debu, dan sebagainya.
.4. Sebagaimana dalam al-hadits , jika kita melihat kemaksiatan maka kita harus menghentikan kemaksiatan itu dg tangan kita , maksudnya dg kekuatan kita , jika kita mampu , namun jika kita tdk mampu menghentikannya dg tangan kita , maka hendaklah kita menghentikannya dg lisan kita , kita beri nasehat kpd org yg melakukan kemaksiatan itu , tp bila kita juga tdk mampu menghentikannya dg lisan , maka kita dianjurkan menghentikannya dg hati kita , maksudnya dg berdo'a agar Allah membukakan pintu hati org yg berbuat maksiat itu agar bertaubat.
 
5. Dampak negatif akibat membuka aurat yaitu :
  1. Mendapat dosa
  2. Memancing orang lain untuk berbuat Jahat
  3. Menurunkan Martabat
  4. Menimbulkan fitnah
  5. Berkurangnya iman

Penutup

yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 30 Evaluasi. Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.