Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 90 - 92 Ayo Berlatih

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 90 - 92 Ayo Berlatih

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau PAI.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas VII SMP/MTs untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013 Revisi tahun 2017.

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 790 - 92 Ayo Berlatih dan terdapat pada Bab 6 Dengan Ilmu Pengetahuan Semua Menjadi Lebih Mudah. Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 90 - 92 Ayo Berlatih

Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan

 

Pembahasan :

II Pilihan Ganda
1. Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang berfungsi sebagai pedoman hidup. Yang dimaksud dengan pedoman hidup adalah menjadi…
A. Bahan untuk dipelajari
B. Kitab yang selalu dibaca
C. Rujukan dalam kehidupan
D. Sumber hukum bernegara
Jawaban: C. Rujukan dalam kehidupan

2. Kalimat memiliki arti….
A. Wahai sekalian manusia
B. Wahai orang-orang yang beriman
C. Wahai orang-orang yang beruntung
D. Wahai seluruh isi alam
Jawaban: B. Wahai orang-orang yang beriman

3. Di dalam ayat tersebut terdabat bacaan “Al”qamariyah sebanyak … tempat
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Jawaban: B. 2

4. Di dalam ayat tersebut terdapat bacaan “Al”syamsiyah sebanyak… tempat.
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1
Jawaban: C. 2

5. Q.S. ar-Rahman/55:33 menjelaskan tentang….
A. Kewajiban berbuat baik kepada orang tua
B. Kewajiban menuntut ilmu
C. Kewajiban menjauhi larangan-larangan Allah Swt.
D. Kewajiban mengerjakan salat
Jawaban: B. Kewajiban menuntut ilmu

6. Kata yang tepat untuk melengkapi penggalan ayat tersebut adalah...
A.
B.
C.
D.
Jawaban: C.

7. Pada kata aamanu mengandung bacaan mad, penyebab dibaca mad adalah…
A. fathah berhadapan dengan huruf ya sukun
B. kasroh berhadapan dengan huruf ya sukun
C. domah berhadapan dengan huruf waw sukun
D. fathah berhadapan dengan huruf dal sukun
Jawaban: C. domah berhadapan dengan huruf waw sukun

8. Yang membedakan manusia dengan hewan adalah karena manusia...
A. Memiliki insting dan perasaan
B. Dapat menikmati berbagai makanan
C. Memiliki akal untuk berpikir
D. Mempunyai indera yang lebih tajam
Jawaban: C. Memiliki akal untuk berpikir

9. Berikut ini adalah hikmah orang yang berilmu, kecuali...
A. Akan diangkat derajatnya
B. Mampu menyelesaikan masalah
C. Akan beriman dengan sempurna
D. Boleh melakukan apa saja
Jawaban: D. Boleh melakukan apa saja

10. Q.S. al-Mujadalah/58: 11 menjelaskan tentang…
A. Perintah berbuat baik kepada orang tua
B. Derajat orang yang beriman dan berilmu
C. Kewajiban menjauhi larangan-larangan Allah
D. Kewajiban mengerjakan salat
Jawaban: B. Derajat orang yang beriman dan berilmu


III. Uraian
1. Jelaskan kandungan Q.S. ar-Rahmån/55: 33!
2. Jelaskan kandungan Q.S. al-Mujadalah/58: 11!
3. salinlah hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariyah yang terdapat pada dua ayat tersebut
4. Q.S. ar-Rahmăn/55 : 33!
5. Berikan contoh perilaku yang mencerminkan kaNdungan
6. Q.S. al-Mujādalah/58: 11!
7. Mengapa manusia wajib menuntut ilmu?
8. Bagaimana cara mencari ilmu supaya berhasil?
9. Mengapa manusia harus berilmu untuk melangsungkan hidupnya?
10. Bagaimana caranya agar bisa menembus langit?
11. Mengapa orang yang berilmu harus pula beriman?
12. Jelaskan perbedaan orang yang berilmu dengan orang yang tidak berilmu

Jawaban :
1. Hai jama’ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.

2. Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

3. Salinan dari lafadz yang mengandung hukum bacaan Alif Lam Syamsyiah atau Al Syamsyiah yang terdapat pada dua ayat tersebut ( ayat yang ke 33 surah Ar Rahman dan ayat yang ke 11 surah Al Mujadallah) adalah
  • Surah Ar Rahman ayat ke 33 pada lafadz السَّمَاوَاتِ karena pada lafadz tersebut terdapat alif lam bertemu dengan huruf س.
  • Surah Al Mujadallah ayat ke 11 pada lafadz الَّذِينَ karena pada lafadz tersebut terdapat alif lam bertemu dengan huruf ل.
  • Surah Al Mujadallah ayat ke 11 pada lafadz  اللَّهُ الَّذِينَ karena pada lafadz tersebut terdapat alif lam bertemu dengan huruf ل.
  • Surah Al Mujadallah ayat ke 11 pada lafadz وَاللَّهُ karena pada lafadz tersebut terdapat alif lam bertemu dengan huruf ل.


4. يٰمَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْاِنْسِ اِنِ اسْتَطَعْتُمْ اَنْ تَنْفُذُوْا مِنْ اَقْطَارِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ فَانْفُذُوْاۗ لَا تَنْفُذُوْنَ اِلَّا بِسُلْطٰنٍۚ

5.

6.
يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِذَا قِيۡلَ لَـكُمۡ تَفَسَّحُوۡا فِى الۡمَجٰلِسِ فَافۡسَحُوۡا يَفۡسَحِ اللّٰهُ لَـكُمۡ‌ ۚ وَاِذَا قِيۡلَ انْشُزُوۡا فَانْشُزُوۡا يَرۡفَعِ اللّٰهُ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا مِنۡكُمۡ ۙ وَالَّذِيۡنَ اُوۡتُوا الۡعِلۡمَ دَرَجٰتٍ ‌ؕ وَاللّٰهُ بِمَا تَعۡمَلُوۡنَ

7. mengapa manusia wajib menuntut ilmu adalah karena dunia dan akhirat hanya bisa diraih dengan ilmu. Kesuksesan manusia di dunia dipengaruhi oleh ilmu, demikian pula dalam beragama untuk kehidupan di akhirat kelak pun harus dengan ilmu.

8. mencari ilmu bisa berhasil yakni kecerdasan, kemauan atau tekad yang kuat, kesungguhan, bekal yang cukup serta kedekatan dengan guru dalam kurun waktu yang lama.

9. manusia harus berilmu untuk melangsungkan hidupnya karena, jika kita mempunyai ilmu dan kecerdasan pasti kelangsungan hidup kita berjalan dengan baik. orang berilmu itu memiliki masa depan yang jelas.

10. caranya agar bisa menembus langit

يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوا مِنْ أَقْطَارِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ فَانْفُذُوا ۚ لَا تَنْفُذُونَ إِلَّا بِسُلْطَانٍ

Artinya : “Hai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.”(Qs. Ar-Rahman : 33). Dari surah ini, dapat dijelaskan bahwa manusia tidak dapat menembus / melintasi langit kecuali dengan kekuatan. Kekuatan disini memiliki makna bisa dengan upaya dan usaha, namun upaya dan usaha saja tidak cukup, masih diperlukan ilmu dan ketakwaan kepada Allah SWT agar manusia mampu menembus langit


11. Orang yang berilmu harus pula beriman dikarenankan:

  • Orang berilmu jika diikuti dengan keimanan maka akan mengantarkan kepada kebaikan.
  • Orang berilmu jika diikuti dengan beriman maka akan mendapatkan banyak pahala dan dinaikan derajatnya daripada orang yang tidak berilmu.
  • Orang berilmu namun tidak diikuti dengan keimanan maka akan sia-sia ilmunya tersebut.

12. Perbedaan orang yang memiliki ilmu dengan orang yang tidak memiliki ilmu antara lain adalah

  • Dari segi keimanan: Orang yang memiliki ilmu khususnya agama cenderung lebih beriman dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki ilmu.
  • Dari segi ibadah: Orang yang memiliki ilmu khususnya agama cenderung lebih giat beribadah dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki ilmu.
  • Dari segi akhlak atau perilaku: Orang yang memiliki ilmu khususnya agama cenderung lebih baik akhlak atau perilakunya dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki ilmu.
  • Dari segi kesuksesan: Orang yang memiliki ilmu cenderung lebih mudah sukses dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki ilmu.
  • Dari segi kemampuan menyelesaikan masalah: Orang yang memiliki ilmu  cenderung lebihxepat menyelesaikan masalah dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki ilmu.

Penutup

yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 90 - 92 Ayo Berlatih. Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.