Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 120 Uji Kompetensi Bab 4

Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 120 Uji Kompetensi Bab 4

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan atau PKN.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas IX SMP/MTs untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 120 Uji Kompetensi Bab 4 dan terdapat pada Bab 4 Keberagaman Masyarakat Indonesia dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 120 Uji Kompetensi Bab 4

Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan
 

Pembahasan :

Uji Kompetensi Bab 4
Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar!
1. Jelaskan akibat keberagaman masyarakat Indonesia!
Jawaban : Dengan hadirnya keberagaman dalam masyarakat Indonesia terdapat dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah Indonesia memiliki banyak adat dan kebudayaan yang menjadi daya tarik bangsa asing. Dampak negatifnya dapat memunculkan konflik karena perbedaan tersebut.

2. Bagaimana bentuk keberagaman masyarakat Indonesia?
Jawaban : Bentuk keberagaman masyarakat Indonesia sangat beragam hal ini dapat dilihat dari banyaknya macam suku, ras, agama, dan budaya yg dimiliki bangsa Indonesia. Bentuk keberagaman ini membaur menjadi satu dan hidup saling berdampingan dalam wilayah Indonesia.

3. Apa pengaruh keberagaman masyarakat Indonesia terhadap pola perilaku bangsa Indonesia?
Jawaban : Pengaruhnya bangsa Indonesia sangat sensitif terhdap konflik mengenai isu-isu menyangkut agama, kebudayaan, ras dan lain sebagainya. Oleh karena itu apabila konflik sudah makin membesar maka membutuhkan penanganan serius dari pemerintah.

4. Jelaskan macam-macam konflik yang terjadi akibat keberagaman masyarakat dan berilah contohnya!
Jawaban :
- Konflik Destruktif
Konflik ini timbul karena adanya perasaan tidak senang, atau marah antar satu kelompok dengan kelompok yang lainnya. Terjadi hingga mengakibatkan bentrok antar kelompok.
Contoh : konflik poso dan ambon

- Konflik Konstruktif
Konflik ini muncul karena adanya perbedaan pendapat antar kelompok. Misalnya ketegangan antara anggota dewan saat mengesahkan undang-undang.
Contoh : konflik saat rapat

5. Jelaskan 4 (empat) penyebab konflik dalam masyarakat yang beragam!
Jawaban :
  1. Etnosentrisme : Perasaan suatu kelompok di mana kelompoknya merasa dirinya paling baik, paling benar, paling hebat.
  2. Stereotip : Anggapan yang dimiliki terhadap suatu kelompok yang bersifat tidak baik.
  3. Hubungan antarpenganut agama yang kurang harmonis.
  4. Hubungan antara penduduk asli dan penduduk pendatang yang kurang harmonis dapat menimbulkan berbagai masalah dalam masyarakat yang beragam.
6. Jelaskan dan berilah masing-masing 2 (dua) contoh akibat positif dari konflik yang terjadi dalam masyarakat!
Jawaban :
  • Debat pendapat di sekolah : Akan mengajarkan kita untuk menghargai pendapat yang berada diantara yang satu dengan yang lainnya.
  • Konflik SARA : Akan dilakukannya peninjauan kembali apabila terdapat sebuah masalah pada Undang Undang yang telah dibuat sebelumnya.
7. Jelaskan dan berilah masing-masing 2 (dua) contoh akibat negatif dari konflik yang terjadi dalam masyarakat!
Jawaban :
  • Konflik SAMPIT pada tahun 2001 : Akibatnya memakan ratusan korban jiwa, melumpuhkan kegiatan ekonomi di beberapa wilayah, masyarakat tidak bebas beraktivitas.
  • Konflik POSO : Akibatnya korban nyawa melayang, rusaknya fasilitas umum, rusaknya rumah-rumah, banyak korban luka-luka.
8. Bagaimana upaya mengatasi masalah akibat keberagaman di lingkungan sekolahmu?
Jawaban :
- Menjunjung tinggi sikap toleransi
- Tidak membeda-bedakan
- Tidak melakukan aksi bullying
- Saling menghormati dan menghargai

Penutup

yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 120 Uji Kompetensi Bab 4. Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.