Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

7 Cara Memahami Materi Pelajaran

Cara Memahami Materi Pelajaran | Untuk memahami materi yang dijelaskan oleh guru dengan cepat, penting bagi kita untuk menguasai teknik-teknik memahami pelajaran yang efektif. Hal ini sangat relevan mengingat dalam satu hari, kita akan menerima materi dari berbagai mata pelajaran, dengan durasi kelas yang biasanya sekitar 90 menit per mata pelajaran. 

Jumlah informasi yang besar ini bisa membuat sulit bagi kita untuk mengingat dan memahami semuanya. Namun, ada beberapa cara mudah yang bisa kita terapkan untuk memahami pelajaran dengan lebih baik. Mari kita simak beberapa tips dari bazbahanajar yang bisa membantu kita mengatasi kesulitan dalam memahami banyaknya materi pelajaran di kelas. 

Cara Memahami Materi Pelajaran

Cara, Memahami, Materi, Pelajaran

1. Membuat Catatan Kecil 

 Saat belajar untuk menghadapi ujian, seringkali kita cenderung untuk menghafal semua detail materi berdasarkan kisi-kisi yang telah diberikan. Namun, alih-alih hanya fokus pada penghafalan, kita bisa mencoba pendekatan yang lebih efektif dengan membuat catatan kecil dari materi tersebut. Catatan tersebut dapat berisi poin-poin penting yang kita pahami. 

 Untuk melakukannya, kita hanya perlu menyediakan pensil atau bolpoin serta sticky notes untuk menulis poin-poin penting tersebut. Ketika guru sedang menjelaskan, kita dapat langsung menuliskan poin-poin penting tersebut, seperti rumus tenses, dan kata kunci lainnya yang mudah diingat. Dengan cara ini, kita dapat mereview kembali pelajaran yang telah disampaikan sambil menulis. Jangan lupa juga sticky notes tersebut ditempel di tempat yang sering kita lihat, seperti di kamar, cermin, atau di dalam buku. 

2. Membuat Mind Map 

 Salah satu cara mudah untuk memahami materi pelajaran adalah dengan menggunakan mind map, teman-teman. Mind mapping merupakan teknik penyusunan catatan yang membantu seseorang menggunakan seluruh potensi otak secara optimal. 

 Menurut beberapa sumber informasi, cara ini termasuk yang paling baik dalam membantu proses berpikir otak secara teratur. Bahkan, metode ini dapat meningkatkan daya ingat seseorang hingga 78 persen, lho. Itu merupakan peningkatan yang sangat signifikan, bukan? 

 Dengan mind map, kita dapat menghubungkan materi-materi yang telah dipelajari dalam sebuah bagan atau gambar, sehingga memudahkan kita untuk mempelajarinya kembali. Dengan menggunakan cara ini, kita dapat menghemat waktu belajar dan lebih siap untuk menghadapi ujian keesokan harinya. 

3. Menggaris bawahi Hal Penting 

Setiap mata pelajaran umumnya memiliki buku paket atau buku LKS yang bisa dibawa pulang untuk digunakan dalam proses belajar. Ketika mempelajarinya, coba gunakan stabilo atau highlighter untuk menggarisbawahi hal-hal penting. Dengan memakai stabilo, buku kita menjadi lebih berwarna, yang dapat meningkatkan semangat kita dalam mempelajarinya. 

Tidak hanya itu, cara ini juga memudahkan kita saat mencari kembali materi yang dibutuhkan. Sehingga, waktu yang dibutuhkan untuk merujuk kembali materi menjadi lebih efisien. 

4. Perbanyak Latihan Soal 

 Apakah masih ada di antara kita yang merasa malas atau enggan untuk menjawab latihan soal? Padahal, dengan banyak mengerjakan latihan soal, kita akan semakin paham dan hafal pola soal yang sering muncul. Melalui latihan soal yang intens, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik terhadap materi dan jenis-jenis soal yang mungkin muncul dalam ujian. Pendekatan ini terbukti sangat efektif dalam mempercepat pemahaman materi pelajaran, karena kita diharuskan mencari solusi dari berbagai macam soal yang diberikan. 

5. Buat Studi Kasus 

 Salah satu cara mudah untuk memahami pelajaran adalah dengan membuat studi kasus, teman-teman. Terkadang ada beberapa materi yang sulit dipahami hanya dengan menggunakan teori semata. Oleh karena itu, studi kasus bisa menjadi pilihan yang tepat. Dalam studi kasus, kita menggunakan contoh-contoh kasus konkret untuk memvisualisasikan teori yang sedang dipelajari. 

Dengan cara ini, kita dapat lebih mudah memahami konsep yang abstrak atau kompleks. Pendekatan seperti ini jauh lebih mudah dan sederhana dibandingkan dengan hanya menghafal pembahasan atau topik yang sedang dipelajari. 

6. Pakai Teknik Pengulangan 

 Setelah kita banyak berlatih soal dan membuat studi kasus, langkah selanjutnya adalah menggunakan teknik pengulangan. Teknik ini membantu informasi yang kita pelajari mudah diingat oleh otak dan dapat tersimpan dalam memori jangka panjang. Salah satu cara yang efektif adalah dengan membuat kartu-kartu yang berisi pertanyaan penting saat kita belajar. 

Kartu-kartu ini dapat digunakan untuk melakukan pengujian diri dan membantu kita mengingat informasi dengan lebih baik. Untuk menerapkan teknik pengulangan ini, penting untuk memberikan jeda waktu antara sesi belajar. 

Misalnya, kita bisa membuat kartu untuk mengingat materi penting dua hari setelah kita belajar. Dengan memberikan jarak waktu seperti ini, kita dapat mengonsolidasikan informasi dengan lebih efektif. 

7. Cobalah menjadi Guru 

 Salah satu cara mudah untuk memahami pelajaran adalah dengan mencoba menjadi guru. Pendekatan ini bermanfaat untuk membuat otak lebih tenang dan rileks, serta memperdalam pemahaman kita terhadap materi. Untuk melakukannya, carilah anggota kelompok belajar atau ajak teman-temanmu untuk belajar bersama. 

Setelah itu, cobalah menjelaskan inti materi yang telah dipelajari kepada teman-teman. Dengan menjelaskan materi kepada orang lain, kita menguji pemahaman kita sendiri dan membantu menyimpan informasi tersebut dalam memori jangka panjang. Itulah 7 tips agar kita cepat memahami pelajaran, semoga bermanfaat.