Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban Latih Uji Kompetensi Bab 5 SI Kelas 11 Halaman 122 (Indonesia Merdeka)

Latih Uji Kompetensi Bab 5 (Indonesia Merdeka)
Halaman 122
Sejarah Indonesia (SI) 
Kelas XI (11) SMK/SMA/MAK
K13 Semester 2


Jawaban Latih Uji Kompetensi Bab 5 SI Kelas 11 Halaman 122 (Indonesia Merdeka)

1. Mengapa pada saat Jepang menyerah kepada Sekutu, di Indonesia disebut sebagai mengalami vacuum of power?
Jawab:
Vacum of Power yang di maksud pada saat pemerinta Jepang menyerah kepada sekutu adalah pada saat itu Indonesia tidak sedang mengalami dijajah oleh bangsa asing. Jadi bisa dikatakan kekosongan kekuasaan ada pada Indonesia saat itu.

2. Jelaskan bahwa pada saat proklamasi kemerdekaan, negara Republik Indonesia belum memiliki semua kelengkapan negara! Tindakan apa saja yang dilakukan bangsa Indonesia untuk melengkapi kelengkapan negara tersebut?
Jawab:
Yang di lakukan oleh bangsa Indonesia setalah kemerdekaan untuk melengkapi sistem Negara tersebut adalah dengan mulai merundingkan dan membahas rancangan-rancangan dan membentuk sistem pemerintahan Indonesia menjadi lebih baik .

3. Salah satu kegiatan yang dilakukan pasca proklamasi kemerdekaan adalah pembentukan KNIP. Apa yang melatarbelakangi pembentukan KNIP dan bagaimana fungsi badan tersebut bagi negara Indonesia?
Jawab:
Latar belakang pemberntukan KNIP adalah untuk penjelmaan tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia untuk menyelenggarakan kemerdekaan Indonesia yang berdasar kedaulatan rakyat.
Baca Juga:
Jawaban Latih Uji Semester Bab 5 SI Kelas XI Halaman 123 (Indonesia Merdeka) 

4. Pada saat proklamasi kemerdekaan, di Jalan Pegangsaan Timur tidak terjadi penyerangan Jepang terhadap para peserta upacara proklamasi, padahal pada saat tersebut tentara Jepang di Indonesia masih lengkap. Mengapa hal tersebut dapat terjadi?
Jawab:
Karena pada saat itu proklamasi di lakukan dengan keadaan kacau dan tergesa-gesa. Selain itu yang mengetahui bahwa Indonesia telah merdeka dan Sukarno telah memproklamasikan kemerdekaan ini tidaklah banyak yang tahu sehingga bisa di katakana secara diam-diam.

5. Menurut pendapatmu, apakah kamu sepakat dengan perjuangan golongan muda yang menuntut percepatan proses proklamasi kepada Sukarno-Hatta? Lebih menguntungkan mana bangsa Indonesia memproklamirkan sendiri sesuai keinginan golongan muda atau menunggu sidang PPKI? Jelaskan alasanmu!
Jawab:
Menurut pendapat saya adalah setuju dengan apa yang para pemuda saran kan untuk memaksa segera memproklamasikannya. Karena bila di tunda sudah jelas bahwa Indonesia tidak akan pernah merdeka dan akan terus di jajah oleh bangsa asing.