Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban Latihan Ujian Semester Sejarah Indonesia Bab 4 Kelas XI Halaman 65

LATIHAN UJIAN SEMESTER
BAB 4 (Tirani Matahari Terbit
Halaman 65
Sejarah Indonesia (SI)
Kelas XI (11) SMA/SMK/MAK
K13 Semester 2

Jawaban Latihan Ujian Semester Sejarah Indonesia Bab 4 Kelas XI Halaman 65

Jawablah beberapa pertanyaan dan tugas berikut!
1. Mengapa Jepang tampak begitu mudah memasuki Kepulauan Indonesia secara merata ?
Jawab:
Jepang tampak begitu mudah memasuki Kepulauan Indonesia secara merata dikarenakan beberapa faktor seperti Jepang yang mirip dengan wajah para pribumi , Jepang yang bekulit hampir sama dengan pribumi, dan serta Jepang yang ramah di tambah dengan segala janji dan sikap manisnya. Sehingga dalam waktu sekejap pun Jepang bisa mengambil hati para pribumi dengan cepat.

2. Mengapa dibentuk pemerintahan militer di Sumatera , Jawa , dan juga Indonesia bagian Timur ?
Jawab:
Dibentuk nya pemerintahan militer di Sumatra , Jawa , serta Indonesia bagia timur ini bukan tanpa tujuan atau tanpa alasan , dibentuknya pemerintahan militer di semua wilayah tersebut adalah untuk memperkuat pertahanan Jepang untuk melawan sekutu. Jadi intinya memperkuat kekuasaan Jepang.

3. Apa maksud program " PAN Asia " dan apa hubungannya dengan ajaran Hakko ichiu ?
Jawab:
Yang di maksud dengan Pan Asia adalah suatu program buatan Jepang yang ditujukan untuk membantu memajukan rakyat Indonesia , apa lagi di perkuat dengan keterangan antrapolog yang menyatakan bahwa bangsa Jepang dan Indonesia serumpun, Hubungannya dengan Hakko Ichiu adalah karena hakko ichiu merupakan sebuah ajaran tentang kesatuan umat manusia , jadi atas dasar ajaran ini juga lah mengapa Jepang menjalankan Pan Asia

4. Mengapa di bentuk Putera dan apa tujuannya ?
Jawab:
Tujuan dari semua organisasi yang dibentuk oleh Jepang tentu jelas untuk membantu Jepang nantinya dalam menghadapi perang dengan Sekutu. Putera sendiri ditujukan untuk menggerakan rakyat untuk membantu Jepang melalui media massa. Jadi Jepang memanfaatkan massa yang ada untuk "membujuk" rakyat agar mau membantu Jepang.

5. Mengapa di bentuk barisan pelopor, apa tujuannya?
Jawab:
Barisan Pelopor dibentuk untuk memberikan kesadaran pada masyarakat untuk berkembang sehingga siap untuk membantu Jepang dalam mempertahankan Indonesia. 

6. Jelaskan yang dimaksud dengan Ekonomi Perang !
Jawab:
Ekonomi perang adalah Sebuah kekuatan ekonomi di Indonesia itu di gali untuk menopang kegiatan perang. Tujuan utamanya jelas untuk memperluas wilayah kekuasaan Jepang.

7. Pada zaman Jepang , keadaan pendidikan dan aktivias di bidang perkebunan mengalami kemerosotan . Mengapa hal itu bisa terjadi ? Coba lakukan telaah kritis !
Jawab:
Pada zaman Jepang banyak sekali peraturan yang dirubah dan kemudian di beri batasan sehingga membuat rakyat Indonesia sulit sekali untuk berkembang. Pada masa pemerintahan Jepang jauh lebih susah dan kejam di bandingkan pada masa pemerintahan Belanda , inggris , atau bangsa Eropa lainnya. Mulai dari pendidikan hingga aktivitas di bidang perkebunan pun sangat di batasi dan di bedakan. Jadi tidak heran bila semua mengalami kemerosotan. Jepang lebih banyak membangun organisasi dan kemudian membentuk pemerintahan militer serta melatih rakyat Indonesia dalam kemiliteran agar dapat membantu Jepang menghadapi para sekutu. Jadi mungkin karena dua hal ini lah yang membuat Indonesia saat itu mengalami kemerosotan .

8. Jelaskan dampak dari berbagai kebijakan Jepang itu terhadap kehidupan masyarakat !
Jawab:
Dampak dari berbagai kebijakan Jepang terhadap kehidupan di masyarakat adalah adanya banyak kemunduran dan kematian. Kebodohan serta kemiskinan semakin merajalela. Berbagai penyakit terus bertambah menyerang siapa saja. 

9. Jelaskan tentang perlawanan Rakyat Papua terhadap Kekejaman Jepang !
Jawab:
Rakyat Papua sudah tidak sanggup mengadapi kekejaman Jepang saat itu sehingga mereka membuat suatu gerakan perlawanan yang dinakan Gerakan Koreri . Jepang memang kuat saat itu , namun rakyat Papua tidak mudah putus asa dan terus berusaha meski banyak sekali hal yang menyakitkan yang mungkin dapat membuat mereka putus asa. Namun mereka tetap terus berjuang dengan mengandalkan taktik perang gerilya. Akhirnya Jepang kewalahan dan kemudian Jepang pergi dari Papua. Bisa di katakan Papua adalah wilayah pertama di Indonesia yang bebas dari penjajahan.

10. Nilai-nilai apa yang dapat kamu peroleh setelah belajar tentang sejarah pendudukan di Jepang di Indonesia ?
Jawab:
Banyak nilai positif dan negatif. Dari segi positif memang Jepang memberikan banyak pelajaran dan ilmu pengetahuan mengenai ilmu politik dan ketatanegaraan serta kependudukan bagi Indonesia melalui setiap organisasi yang ia bentuk serta latihan-latihan militer. Namun dari segi negatif Jepang juga memberikan kemunduran bagi masyarakat di bidang pendidikan dan ekonomi sehingga membuat rakyat Indonesia mengalami kemunduran pada bidang dan zaman tersebut.