Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban Uji Kompetensi Bab 6 PPKn Kelas X Halaman 57 (Hak dan Kewajiban Demokrasi)

Uji Kompetensi Bab 6 (Indahnya Hak dan Kewajiban dalam Berdemokrasi)
Halaman 57
PPKn (PKN)
Kelas X (10) SMA/SMK/MAK
Semester 2 K13

Jawablah soal-soal berikut.
1. Apa yang dimaksud dengan warga negara Indonesia? Jelaskan perbedaannya dengan penduduk.
Jawab:
Yang dimaksud dengan warga negara Indonesia dan perbedaannya dengan penduduk adalah sebagai berikut :

Seorang Warga Negara Indonesia (WNI) adalah orang yang diakui oleh UU sebagai warga negara Republik Indonesia.Jika perbedaan antara Warga Negara dengan Penduduk adalah:Warga negara adalah Orang yang secara hukum merupakan anggota dari suatu negara.

Sedangkan Penduduk adalah warga negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia. Dengan demikian di Indonesia termasuk orang asing pun adalah penduduk Indonesia.

2. Apa yang dimaksud dengan hak dan kewajiban? Jelaskan keterkaitan keduanya.
Jawab:
Yang dimaksud dengan hak dan kewajiban dan keterkaitan keduanya adalah sebagai berikut:

Hak adalah kekuasaan seseorang untuk melakukan sesuatu yang telah di tentukan oleh UU.Misalnya, hak mendapat pendidikan dasar, hak mendapat rasa aman, dsb.

Kewajiban adalah sesuatu yang harus dikerjakan.Misalnya, wajib mematuhi rambu-rambu lalu lintas, wajib membayar pajak, dsb.

Keterkaitan keduanya:Yaitu jika kita melaksanakan kewajiban kita maka kita mendapatkan Hak kita. Begitu pula sebaliknya.Misalnya, kita sebagai pelajar kita harus melaksanakan kewajiban kita yaitu belajar dan dari proses belajar itulah kita akan mendapatkan hak kita yaitu mendapatkan ilmu.


3. Mengapa sebagai warga negara kita harus mendahulukan kewajiban daripada hak? Jelaskan jawaban kalian.
Jawab:
Alasan mengapa sebagai warga negara kita harus mendahulukan kewajiban daripada hak adalah sebagai berikut:

Kita harus mendahulukan kewajiban dari pada hak karena kewajiban sesuatu yang harus dikerjakan dan dipenuhi untuk mendapatkan hak kita. Jika kita mendahulukan hak kita maka, kewajiban kita tidak akan terlaksana dengan baik.

4. Bagaimana hubungan antara hak dan kewajiban warga negara dengan proses demokrasi?
Jawab:
Hubungan antara hak dan kewajiban warga negara dengan proses demokrasi adalah sebagai berikut:

Hak: hak ini seharusnya membuka ruang yang seluas-luasnya bagi setiap negara untuk bisa menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan umum, sebab pembatasan hak pilih warga negara merupakan salah satu bentuk pelanggaran hak asasi.Kewajiban: sebagai warga negara kita harus melaksanakan kewajiban kita sesuai undang-undang.

Misalnya:1. Wajib menaati hukum dan pemerintahan. 
2. Wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keagamaan negara.
3. Wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan UU.
4. Wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.
5. Wajib menghormati hak asasi orang lain.


5. Bagaimana pendapat kalian dengan masyarakat kita yang masih kurang memiliki rasa tanggung jawab dalam proses demokrasi di Indonesia?
Jawab:
Pendapat saya dengan masyarakat kita yang masih kurang memiliki rasa tanggung jawab dalam proses demokrasi di Indonesia adalah sebagai berikut:

Pendapat saya tentang  masyarakat yang kurang sadar akan rasa tanggung jawab dalam proses demokrasi yaitu karena masyarakat kurang mengerti tentang demokrasi dan seharusnya pemerintah harus memberi harus memberi pengarahan yang masih belum mengerti. Sebenarnya tidak semua warga negara kurang bertanggung jawab dengan demokrasi hanya orang-orang pedalaman saja, dan pemerintah harus memberikan pengarahan kepada masyarakat seperti itu.