Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban Uji Kompetensi Bab 7 PPKn Kelas X Halaman 87 ( Kebersamaan dalam Kebhinnekaan)

Uji Kompetensi Bab 7 (Merajut Kebersamaan dalam Kebhinekaan)
Halaman 87
PPKn (PKN)
Kelas X (10) SMA/SMK/MAK
Semester 2 K13

Jawaban Uji Kompetensi Bab 7 PPKn Kelas X Halaman 87 ( Kebersamaan dalam Kebhinnekaan)

Jawablah soal-soal berikut.
1. Jelaskan hakikat pembelaan terhadap negara.
Jawab:
hakikat pembelaan terhadap negara adalah sebagai berikut:

Sikap dan tindakan warga negara yang dilandasi oleh kecintaan kepada negara dan di wujudkan dalam kesediaan untuk melindungi, mempertahankan, dan memajukan negara bersama.

2. Jelaskan dan berikan contoh bentuk usaha pembelaan negara oleh warga negara
Jawab:
Bentuk usaha pembelaan negara oleh warga negara adalah sebagai berikut:

Pada dasarnya setiap orang membutuhkan suatu organisasi yang disebut negara. Apa yang akan terjadi jika tidak ada negara? Thomas Hobbes pernah melukiskan kehidupan manusia sebelum adanya negara yaitu ”manusia merupakan serigala bagi manusia lainnya” (Homo Homini Lupus) dan ”perang manusia lawan manusia” (Bellum Omnium Contra Omnes). Dengan demikian, jika tidak ada negara pasti tidak akan ada ketertiban, keamanan, dan keadilan. Supaya hidup tertib, aman, dan damai maka diperlukan negara. Negara akan tegak berdiri jika dipertahankan oleh setiap warga negaranya. Oleh karena itu, membela negara sangat penting dilakukan oleh setiap warga negaranya.

Contoh : melestarikan budaya Indonesia, belajar bersungguh-sungguh untuk Indonesia, membeli produk dalam negeri.


3. Sebagai warga negara Indonesia, kita mendapat perlindungan dan jaminan hukum dari Negara. Sebutkan isi undang-undang yang memuat pernyataan tersebut.
Jawab:
Isi undang-undang yang memuat pernyataan kita mendapat perlindungan dan jaminan hukum dari Negara adalah sebagai berikut:

Pasal 28J (1)
"Setiap orang wajib menghormati hak asasi manusia orang lain dalam tertib kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara." Makna: Setiap orang itu harus saling menghormati satu dengan yang lain dan tidak ikut campur dalam hak-hak orang tersebut itulah pertandanya kita bernegara dan berbangsa.


4. Berilah contoh ancaman berdimensi sosial budaya dalam kesatuan berbangsa dan bernegara yang terjadi di lingkungan sekitar kalian.
Jawab:
Contoh ancaman berdimensi sosial budaya dalam kesatuan berbangsa dan bernegara yang terjadi di lingkungan sekitar kita adalah sebagai berikut:

Contoh Ancaman sosial budaya yaitu berupa isu-isu kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, dan ketidakadilan yang menjadi dasar timbulnya konflik vertikal antara pemerintah pusat dan daerah, dan konflik horizontal yaitu suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA).perang antar suku dan agama


5. Carilah satu kasus terkait dengan pertahanan keamanan, kemudian kalian analisis kasus tersebut berdasarkan jenis, klasifikasi, dan dimensinya, sebelum diakhiri dengan solusi penyelesaian.
Jawab:
Satu kasus terkait dengan pertahanan keamanan, kemudian kalian analisis kasus tersebut berdasarkan jenis, klasifikasi, dan dimensinya, sebelum diakhiri dengan solusi penyelesaian adalah sebagai berikut:

Kasus: Pembobolan alfamart daerah Singaparna
Jenis ancamanya: ialah barang atau materi di dalam alfamart dan keselamatan pegawai yang ada.
Klasifikasi: Kasus Kriminal
Dimensinya: ancaman berdimensi ekonomi
Solusi: Hubungi tokoh-tokoh masyarakat dan/atau kepolisian untuk bertukar pikiran guna mencapai solusi yang dibutuhkan. Perketat keamanan di wilayah tersebut. Gunakan CCTV jika diperlukan.