Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 145, 146 Uji Kompetensi Bab 5

Jawabaku.com - Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 145 Uji kompetensi 5. Oke teman-teman kali ini kita akan membahas latihan tersebut. dimana pada blog ini saya akan memudahkan kalian dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada sehingga membuat teman-teman termudahkan dalam mengerjakan tugas sekolah. PPKN kelas 9 mulai dari uji kompetensi 5 halaman 145 pada buku siswa PKN Semester 2 Kurikulum 2013 (K13).

Halo sobat kembali bersamaku disini, pasti te man-teman sekalian lagi mencari kunci jawaban buat tugas sekolah kan? nah kalo memang iya, kamu berada diwebsite yang tepat untuk mencari jawaban. nah pada kesempatakan kali ini saya akan membagikan kunci jawaban dari soal Uji Kompetensi 5 Halaman 145 PpKN Kelas 9. Nomor 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10.

Karena aku pernah merasakan menjadi siswa seperti teman-teman sekalian, kadang memang google menjadi tempat terbaik untuk mengerjakan tugas sekolah. Berkaitan dengan Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 145 Uji Kompetensi Bab 5 ini, soal yang akan kita bahas tersebut terdapat didalam buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 9 Semester 2 untuk Kurikulum 2013.

Nah pada buku PKN Kelas 9 ini pada Bab 5 nya membahas tentang "Harmoni Keberagaman Masyarakat Indonesia". dan pada halaman 145 terdapat latihan soal berupa pilihan ganda dan esai yakni Uji Kompetensi. Oke teman-teman tak usah beralama-lama lagi, berikut ini akan saya share untuk kunci jawaban Uji Kompetensi 5 Halaman 145 Kelas 9 PG Dan Esai.

Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 145, 146 Uji Kompetensi Bab 5

Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 145 Uji Kompetensi 5

Uji Kompetensi 5 Hal 145, 146
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar! 
1. Apa yang dimaksud dengan harmoni dalam keberagaman sosial budaya?
Jawaban :

Yang dimaksud dengan harmoni dalam kebergaman sosial budaya adalah paduan keselarasan, saling menghormati, menyayangi serta menyinergikan dan menyelaraskan segala macam perbedaan secara ikhlas dan alamiah di lingkungan sosial budaya.
2. Jelaskan permasalahan yang muncul dalam keberagaman ekonomi!
Jawaban :

- Menyebabkan krisis ekonomi dan moneter yang berkepanjangan
- Memicu konflik antar tingkatan ekonomi atau kelas sosial
- Perubahan sosial dan budaya yang terlalu cepat
3. Bagaimana dampak positif dan dampak negatif dari sistem teknologi saat ini?
Jawaban :
Dampak Positif :
- Mempermudah manusia dalam melakukan pekerjaan
- Membuat manusia memperoleh informasi dengan lebih gampang

Dampak negatif :
- Manusia jadi lebih mementingkan hp dariapda hidup bersosial
- Dapat disalahgunakan untuk menyebarkan berita bohong
4. Jelaskan upaya yang harus dilakukan supaya sistem teknologi bermanfaat bagi masyarakat!
Jawaban :

Memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat untuk dapat menggunakan sistem teknologi dengan lebih efektif terutama dalam mempermudah dalam menyelesaikan suatu pekerjaan dengan bantuan sistem teknologi.
5. Jelaskan akibat yang ditimbulkan dari keberagaman sosial budaya!
Jawaban :

Dampak baik yang ditimbulkan dari keberagaman yaitu dapat membentuk masyarakat yang penuh dengan toleransi serta memiliki banyak kearifan lokal yang dapat menjadi daya tarik bagi orang luar. Sedangkan dampak buruknya akan muncul kelompok radikal yang tidak sepaham dengan keberagaman dan timbulnya rasisme.
6. Bangsa Indonesia sejak dahulu dikenal dengan bangsa agraris.
Jawaban :

Karena beras merupakan bahan makanan pokok utama bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Akibat berkurangnya lahan pertanian yang membuat pasokan beras tidak terpenuhi sehingga Indonesia harus mengimpor beras dari negara lain.

Yang harus dilakukan iyalah meningkatkan produktivitas pertanian dengan teknik yang lebih maju, perluasan lahan pertanian, penyelesaian konflik yang berkaitan dengan lahan pertanian.
7. Apa yang dimaksud dengan gender, kesetaraan gender, dan ketidakadilan gender?
Jawaban :

Gender adalah jenis kelamin manusia yaitu laki-laku atau perempuan.
Kesetaraan Gender adalah kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dalam semua aspek kehidupan. seperti kesetaraan pendidikan, pekerjaan, dan lain-lain.
Ketidakadilan Gender adalah Sifat yang menganggap remeh suatu gender yang menganggap bawha gendernya lebih baik dari gender yang lain.
8. Jelaskan faktor penyebab terjadinya permasalahan gender!
Jawaban :

- Adanya sistem budaya patrilineal (suatu adat masyarakat yang mengatur alur keturunan berasal dari pihak ayah)
- Faktor ekonomi yang berbeda
- Tingkat pendidikan seseorang
- Tingkat kepercayaan diri yang rendah 
9. Upaya apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan sosial budaya?
Jawaban :

- Meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh daerah
- Meratakan pembangunan nasional
- Mengajarkan nilai-nilai moralistas kepada masyarakat Indonesia
10. Mengapa dalam masyarakat yang memiliki keberagaman diperlukan harmoni?
Jawaban :

Dalam masyarakat yang beragam Harmoni diperlukan agar dapat menciptakan suatu kedamaian dan ketentraman dalam hidup keberagaman. Oleh karena itu kita harus menjaga keberagaman itu serta menumbuhkan sikap toleran antar sesama.
Nah teman-teman mungkin sekian yang dapat saya bagi pada artikel dan pembahasan kunci jawaban PKN Kelas 9 Halaman 145 Uji Kompetensi 5 Semester 2 K13 ini. Sekiranya ada yang ingin ditanyakan karena adanya yang kurang dimengerti atau kurang jelas, silahkan teman-teman tanyakan pada kolom komentar dibawah in. Terimakasih dan silahkan baca artikel selanjutnya dibawah ini.