Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 29, 30 Uji Kompetensi Bab 1

Jawabaku.com - Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 29, 30 Uji kompetensi 1. Oke teman-teman kali ini kita akan membahas latihan tersebut. dimana pada blog ini saya akan memudahkan kalian dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada sehingga membuat teman-teman termudahkan dalam mengerjakan tugas sekolah. PPKN kelas 9 mulai dari uji kompetensi 1 halaman 29 pada buku siswa PKN Semester 1 Kurikulum 2013 (K13).

Halo sobat kembali bersamaku disini, pasti te man-teman sekalian lagi mencari kunci jawaban buat tugas sekolah kan? nah kalo memang iya, kamu berada diwebsite yang tepat untuk mencari jawaban. nah pada kesempatakan kali ini saya akan membagikan kunci jawaban dari soal Uji Kompetensi 1 Halaman 29, 30 PpKN Kelas 9. Nomor 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10.

Karena aku pernah merasakan menjadi siswa seperti teman-teman sekalian, kadang memang google menjadi tempat terbaik untuk mengerjakan tugas sekolah. Berkaitan dengan Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 29 Uji Kompetensi Bab 1 ini, soal yang akan kita bahas tersebut terdapat didalam buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 9 Semester 1 untuk Kurikulum 2013.

Nah pada buku PKN Kelas 9 ini pada Bab 1 nya membahas tentang "Dinamika Perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa". dan pada halaman 29, 30 terdapat latihan soal berupa pilihan ganda dan esai yakni Uji Kompetensi. Oke teman-teman tak usah beralama-lama lagi, berikut ini akan saya share untuk kunci jawaban Uji Kompetensi 1 Halaman 29 Kelas 9 PG Dan Esai.

Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 29, 30 Uji Kompetensi Bab 1

Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 29, 30 Uji Kompetensi 1

Jiwa dan semangat para pendiri Negara yang dioperasionalkan dalam jiwa dan semangat 45 dimaksudkan untuk menjaga tetap tegaknya negara kesatuan Republik Indonesia. Pasal 1 ayat (1) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan ”Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan, yang berbentuk Republik” dan Pasal 37 ayat (5) menegaskan ”Khusus mengenai bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak dapat dilakukan perubahan”.

Uji Kompetensi 1 Hal 29
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Bagaimana penerapan Pancasila sebagai dasar negara pada masa awal kemerdekaan?
Jawaban : 
Pada masa awal kemerdekaan penerapan Pancasila berjalan sangat baik hal ini karena perjuangan para Pahlawan yang begitu besar selain itu karena negara Indonesia adalah negara yang baru merdeka yang persatuan dan kesatuannya sangat kuat.
2. Jelaskan latar belakang Pemberontakan DI/TII dan RMS di Indonesia!
Jawaban :
- DI/TII
Di latar belakangi karena kekecewaan Kartosuwiryo atas hasil perjanjian Renville, selain itu karena adanya keinginan untuk mengganti Pancasila dengan Syariat Islam.

- RMS
Di latar belakangi karena kekecewaan para bekas prajurit KNIL terhadap kebijakan pemerintah, serta karena keinginan beberapa tokoh untuk mendirikan negara sendiri.
3. Bagaimana penerapan Pancasila pada masa Orde Baru?
Jawaban :
Penerapan pancasila pada masa orde baru dilakukan secara indoktrinatif dan birokratis. Akibatnya, banyak kemunafikan yang tumbuh subur dalam masyarakat seperti korupsi, kolusi, dan juga nepotisme.
4. Jelaskan tantangan bangsa Indonesia dalam menerapkan Pancasila sebagai dasar negara pada masa Reformasi!
Jawaban :
Di masa reformasi ini, Indonesia memiliki tantangan yang sangat berat dalam penerapan Pancasila. Karena Pancasila sudah tidak lagi populer seperti pada masa lalu. Elit politik dan masyarakat terkesan masa bodoh dalam melakukan implementasi nilai-nilai pancasila. Sehingga saat ini banyak terjadi kasus-kasus yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.
5. Jelaskan arti penting mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara?
Jawaban : 
Arti penting mempertahankan pancasila sebagai dasar negara adalah suatu upaya untuk menjaga dan mempertahankan nilai-nilai Pancasila yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari bagi masyarakat Indonesia. Pancasila juga merupakan prinsip bangsa Indonesia dalam mencapai kehidupan masyarakat yang berdaulat adil dan makmur.
6. Jelaskan kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka!
Jawaban :
Kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka berarti bahwa Pancasila senantiasa mampu berinteraksi secara dinamis. Nilai-nilai Pancasila tidak akan pernah berubah, namun pelaksanaannya disesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan nyata yang kita hadapi dalam setiap waktu.
7. Berikan masing-masing 1 (satu) contoh perilaku dalam mewujudkan nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari!
Jawaban :
1. Ketuhanan : Beribadah sesuai dengan agama yang dianut
2. Kemanusiaan : Bersikap welas asih terhadap sesama manusia
3. Persatuan : mengikuti kegiatan Upacara bendera
4. Kerakyatan: mengikuti Pemilu
5. Keadilan : Tidak memilih-milih teman
8. Berikan 3 (tiga) contoh perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam bidang politik di lingkungan sekolah!
Jawaban :
1. Pemilihan ketua OSIS
2. Berpendapat di depan kelas
3. Mengikuti organisasi
9. Bagaimana perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam bidang pertahanan keamanan di lingkungan masyarakat?
Jawaban :
- Aktif dalam mengikuti kegiatan Ronda malam
- Melapor pihak berwajib apabila melihat aktivitas mencurigakan di lingkungan
- Tamu wajib lapor kepada RT/RW
10. Keteladanan apa saja yang patut dicontoh dari tokoh nasional dalam mewujudkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara? Jelaskan!
Jawaban :
- Sikap rela berkorban
- Mementingkan kepentingan bersama (negara)
- Adil kepada masyarakat
- Takwa kepada Tuhan
Nah teman-teman mungkin sekian yang dapat saya bagi pada artikel dan pembahasan kunci jawaban PKN Kelas 9 Halaman 29, 30 Uji Kompetensi 1 Semester 1 K13 ini. Sekiranya ada yang ingin ditanyakan karena adanya yang kurang dimengerti atau kurang jelas, silahkan teman-teman tanyakan pada kolom komentar dibawah in. Terimakasih dan silahkan baca artikel selanjutnya dibawah ini.

Baca Selanjutnya: