Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 51 Uji Kompetensi Bab 2

Jawabaku.com - Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 51 Uji kompetensi 2. Oke teman-teman kali ini kita akan membahas latihan tersebut. dimana pada blog ini saya akan memudahkan kalian dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada sehingga membuat teman-teman termudahkan dalam mengerjakan tugas sekolah. PPKN kelas 9 mulai dari uji kompetensi 2 halaman 51 pada buku siswa PKN Semester 1 Kurikulum 2013 (K13).

Halo sobat kembali bersamaku disini, pasti te man-teman sekalian lagi mencari kunci jawaban buat tugas sekolah kan? nah kalo memang iya, kamu berada diwebsite yang tepat untuk mencari jawaban. nah pada kesempatakan kali ini saya akan membagikan kunci jawaban dari soal Uji Kompetensi 2 Halaman 51 PpKN Kelas 9. Nomor 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10.

Karena aku pernah merasakan menjadi siswa seperti teman-teman sekalian, kadang memang google menjadi tempat terbaik untuk mengerjakan tugas sekolah. Berkaitan dengan Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 51 Uji Kompetensi Bab 2 ini, soal yang akan kita bahas tersebut terdapat didalam buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 9 Semester 1 untuk Kurikulum 2013.

Nah pada buku PKN Kelas 9 ini pada Bab 2 nya membahas tentang "Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945". dan pada halaman 51 terdapat latihan soal berupa pilihan ganda dan esai yakni Uji Kompetensi. Oke teman-teman tak usah beralama-lama lagi, berikut ini akan saya share untuk kunci jawaban Uji Kompetensi 2 Halaman 51 Kelas 9 PG Dan Esai.

Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 51 Uji Kompetensi Bab 2

Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 51 Uji Kompetensi 2

Uji Kompetensi 2 Hal 51
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Jelaskan makna alinea pertama Pembukaaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945!
Jawaban :
Makna alinea pertama iyalah bahwa bangsa Indonesia menentang penjajahan dan mendukung hak suatu negara untuk merdeka. Karena kemerdekaan merupakan hak asasi sebuah bangsa yang sifatnya universal.
2. Upaya apa yang harus dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan sebagai cita-cita bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur?
Jawaban :
- Melakukan pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia
- Meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia
- Memperkuat penegakan hukum di Indonesia
3. Jelaskan maksud bahwa kemerdekaan Indonesia adalah rahmat Tuhan Yang Mahakuasa!
Jawaban :
Maksudnya adalah bahwa bangsa Indonesia menyadari bahwa tanpa rahmat Tuhan Yang MahaKuasa maka bangsa Indonesia tidak akan merdeka. Kemerdekaan tersebut tidak hanya dari perjuangan para pahlawan tetapi juga atas karunia Tuhan Yang Maha Esa.
4. Jelaskan makna yang terkandung dalam alinea keempat Pembukaaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945!
Jawaban :
Makna alinea keempat iyalah pernyataan pemerintah negara Indonesia untuk mencapai tujuan negara, berdasarkan asas politik kedaulatan rakyat bentuk negara Republik Indonesia dan dasar negara Pancasila.
5. Jelaskan pokok-pokok pikiran yang terdapat dalam Pembukaaan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945!
Jawaban :
- Alinea Pertama : Bahwa negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dengan berdasar atas persatuan Indonesia

- Alinea Kedua : Bahwa negara hendak mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

- Alinea Ketiga : Bahwa negara yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar atas kerakyatan dan permusyawaratan/perwakilan.

- Alinea Keempat : Bahwa negara berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa, menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
6. Jelaskan pentingnya pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi bangsa Indonesia!
Jawaban :
Sebagai landasan hukum tertinggi di Indonesia, dengan demikian seluruh peraturan perundang-undangan di Indonesia harus bersumber pada Pembukaan UUD Negara Relublik Indonesia Tahun 1945 yang didalamnya terkandung nilai-nilai Pancasila.
7. Bagaimana hubungan pokok-pokok pikiran Pembukaaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan Pancasila?
Jawaban :
Hubungannyaq adalah UUD NRI Tahun 1945 merupakan perwujudan dari nilai-nilai Pancasila. Pancasila sendiri memancarkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.
Nah teman-teman mungkin sekian yang dapat saya bagi pada artikel dan pembahasan kunci jawaban PKN Kelas 9 Halaman 51, 52 Uji Kompetensi 2 Semester 1 K13 ini. Sekiranya ada yang ingin ditanyakan karena adanya yang kurang dimengerti atau kurang jelas, silahkan teman-teman tanyakan pada kolom komentar dibawah in. Terimakasih dan silahkan baca artikel selanjutnya dibawah ini.