Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Mencermati materi tentang ketentuan hewan, pembagian daging akikah dan hikmah akikah.

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Agama Islam untuk Kelas 9 halaman 221 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PAI Aktivitas Siswa 2 Halaman 221. Buku siswa untuk Semester 2 Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 11 Akikah dan Kurban Menumbuhkan Kepedulian Umat Kelas 9 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban PAI Kls 9 Hal 221 Aktivitas Siswa

Mencermati materi tentang ketentuan hewan, pembagian daging akikah dan hikmah akikah.
Mencermati materi tentang ketentuan hewan, pembagian daging akikah dan hikmah akikah.

Aktivitas Siswa 2 Halaman 221 PAI Kelas 9 [Kunci Jawaban]

Aktivitas Siswa 2 :
a. Mencermati materi tentang ketentuan hewan, pembagian daging akikah dan hikmah akikah.
b. Secara berkelompok mendiskusikan materi tersebut dan memaparkan di depan kelas.

Jawaban :

Ketentuan Pembagian Daging Akikah
Ketentuan pembagian daging akikah berbeda dengan pembagian daging kurban. Dalam hal ini daging akikah diberikan dalam kondisi yang sudah dimasak.

Orangtua anak boleh memakannya, menghadiahkan sebagian dagingnya kepada sahabat-sahabatnya, dan menyedekahkan sebagian lagi kepada kaum muslimin. Boleh juga mengundang kerabat dan tetangga untuk menyantapnya, serta boleh juga disedekahkan semuanya. 


Hikmah Pelaksanaan Akikah
Pelaksanakan akikah mengandung banyak hikmah, di antaranya adalah seperti berikut ini.
1. Menghidupkan sunnah Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wa sallam
2. Membebaskan anak dari ketergadaian.
3. Ibadah akikah mengandung unsur perlindungan dari setan yang dapat mengganggu anak yang terlahir itu. Dengan demikian anak yang telah ditunaikan akikahnya dengan rida dan pertolongan Allah Subhanahu wa Ta'ala akan lebih terlindungi dari gangguan setan yang sering mengganggu anak-anak.
4. Dengan rida dan pertolongan Allah Subhanahu wa Ta'ala, akikah dapat menghindarkan anak dari musibah, keburukan moral, dan penderitaan.
5. Merupakan bentuk taqarrub (pendekatan diri) kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas karunia yang dianugerahkan Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan lahirnya sang anak.
6. Akikah sebagai sarana menampakkan rasa gembira dalam melaksanakan syariat Islam.
7. Memperkuat tali silaturahim di antara anggota masyarakat