Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Mencermati materi tentang ketentuan hewan kurban, pembagian daging kurban dan hikmah kurban

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Agama Islam untuk Kelas 9 halaman 222 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PAI Aktivitas Siswa 3 Halaman 222. Buku siswa untuk Semester 2 Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 11 Akikah dan Kurban Menumbuhkan Kepedulian Umat Kelas 9 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban PAI Kls 9 Hal 222 Aktivitas Siswa

Mencermati materi tentang ketentuan hewan kurban, pembagian daging kurban dan hikmah kurban
Mencermati materi tentang ketentuan hewan kurban, pembagian daging kurban dan hikmah kurban

Aktivitas Siswa 3 Halaman 222 PAI Kelas 9 [Kunci Jawaban]

Aktivitas Siswa 3 :
a. Mencermati materi tentang ketentuan hewan kurban, pembagian daging kurban dan hikmah kurban
b. Secara berkelompok mendiskusikan materi tersebut dan memaparkan di depan kelas.

Jawaban :

Ketentuan Pembagian Daging Kurban
Pembagian daging hewan kurban ialah sepertiga untuk diri sendiri (orang yang berkurban), sepertiga disedekahkan, dan sepertiga sisanya disimpan.


Hikmah Pelaksanaan Kurban
- Bersyukur kepada Allah SWT atas segala karunia-Nya. Dengan melangsungkan ibadah kurban, maka hal ini bisa menunjukkan bahwa ia telah bersyukur terhadap segala yang telah diberikan oleh-Nya.

- Menjalankan salah satu syariat Nabi Ibrahim AS kala ia diperintahkan untuk "menyembelih" sang putra. Melalui ibadah kurban, manusia diajarkan untuk tetap patuh dan teguh pada perintah-Nya.

- Menjalin hubungan baik dengan sesama manusia. Dengan mau beribadah kurban, orang tersebut bakal membagikan daging kepada yang berhak. Artinya, secara langsung akan terjalin hubungan baik antar sesama manusia.

Hikmah lainnya adalah membelanjakan harta yang dimiliki di jalan Allah, menumbuhkan rasa kasih sayang antara yang mampu dengan tidak mampu, dan merupakan bentuk dari persahabatan. Selain itu, juga bisa meningkatkan gizi masyarakat melalui daging hewan yang dikonsumsi tersebut.