Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Tugas Mandiri 4.1 PKN Kelas 12 Halaman 112 [Kunci Jawaban]

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku PKN untuk Kelas 12 halaman 112. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Tugas Mandiri 4.1 Halaman 112-113. Buku siswa untuk Semester 2 Kelas XII SMA/SMK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 4Dinamika Persatuan dan Kesatuan dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia Kelas 12 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Hal 112 PKN Kls 12 Tugas Mandiri 4.1

Tugas Mandiri 4.1 PKN Kelas 12 Halaman 112 [Kunci Jawaban]
Tugas Mandiri 4.1 PKN Kelas 12 Halaman 112 [Kunci Jawaban]

Tugas Mandiri 4.1 PKN Kelas 12 Halaman 112 [Kunci Jawaban]

Tugas Mandiri 4.1
Peristiwa G30S/PKI telah memberikan pukulan yang cukup telak bagi persatuan dan kesatuan bangsa. Berkaitan dengan hal tersebut, coba Anda lakukan studi kepustakaan dengan mencari berbagai sumber yang dapat dipertanggungjawabkan mengenai hal-hal berikut:

a. Faktor penyebab terjadinya peristiwa G30S/PKI.
Faktor penyebab terjadinya peristiwa G30S/PKI antara lain karena PKI ingin mengubah ideologi Indonesia menjadi negara komunis, adanya konflik dengan TNI Angkatan Darat (TNI AD), dan ketidaksukaan Amerika Serikat terhadap Soekarno karena Soekarno yang lebih condong kepada komunisme.

b. Pihak yang bertanggung jawab atas terjadinya peristiwa tersebut.
Terdapat banyak versi dari siapa saja pihak yang bertanggung jawab atas terjadinya peristiwa G30S/PKI, beberapa nama yang sering dikaitkan menjadi pihak yang bertanggung jawab antara lain seperti Partai Komunis Indonesia (PKI), konflik internal yang terjadi di TNI AD, Presiden Soekarno, Letjen Soeharto, hingga CIA milik Amerika Serikat.

c. Dugaan terjadinya pelanggaran HAM.
Pelanggaran HAM yang terjadi dalam G30S/PKI adalah pembunuhan dan penyiksaan terhadap para korban gerakan ini,yang terdiri dari 7 orang pahlawan revolusi yaitu Jenderal Ahmad Yani, Mayjen R. Suprapto, Mayjen MT Haryono, Mayjen S. Parman, Brigjen D.I Panjaitan, Brigjen Sutoyo Siswomiharjo, dan Lettu Pierre Andreas Tendean.

d. Pengaruh peristiwa tersebut terhadap persatuan dan kesatuan bangsa.
Terdapat banyak pengaruh yang terjadi di persatuan dan kesatuan Indonesia setelah G30S/PKI terjadi, antara lain adanya persaingan antar golongan dan antar suku, pelanggaran HAM dan kemanusiaan, dan hampir terjadinya perang saudara.

e. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah pada waktu itu untuk menangani permasalahan tersebut.
Upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi permasalahan G30S/PKI adalah dengan melakukan operasi militer guna memburu dan mengejar semua pemimpin serta orang-orang yang memiliki kaitan dengan PKI.

f. Bukti keberhasilan upaya yang dilakukan pemerintah untuk menghilangkan ideologi komunis.
Bukti keberhasilan upaya pemerintah adalah dengan berkurangnya pihak-pihak yang mendukung pandangan komunisme di Indonesia serta serangan-serangan yang mengatasnamakan komunis.

Rumuskan hasil studi kepustakaan Anda dalam bentuk laporan sederhana. Presentasikan di depan kelas.