Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 244 Tugas [Kunci Jawaban]

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 10 halaman 244. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket B. Indo Tugas Halaman 244 Buku siswa untuk Semester 2 Kelas X SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 8 Mendalamai Puisi Kelas 10 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 244 Tugas.

Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 244 Tugas [Kunci Jawaban]
Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 244 Tugas [Kunci Jawaban]

Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 244 Tugas [Kunci Jawaban]

Tugas ---
Petunjuk:
1. Tunjuklah dua orang temanmu yang bagus membaca puisi. Mintalah mereka membaca secara bergantian penggalan puisi Sajak Anak Muda Karya W.S. Rendra. Kamu dapat memilih puisi lain untuk dideklamasikan di muka kelas.
2. Catatlah larik-larik yang membuat perasaanmu tersentuh.
3. Jelaskan suasana, perasaan hatimu atau apa yang kamu rasakan setelah mendengarkan pembacaan puisi tersebut!
4. Untuk memudahkanmu mengerjakan tugas ini, kamu boleh membaca kembali puisi ini setelah dibacakan temanmu.

Jawaban :
2. Larik-larik yang membuat perasaan tersentuh.
- Kita melihat kabur pribadi orang
- karena tidak diajarkan kebatinan atau ilmu jiwa
- ilmu sekolah adalah ilmu hafalan
- dan bukan ilmu latihan menguraikan
- Ah di dalam kemabukan
- wajah berdarah
- akan terlihat sebagai bulan
- dan bila ad atirani merajalela
-ia diam tidak bicara
- daya hidup telah diganti oleh nafsu
- pencerahan telah diganti oleh pembatasan

3. Kata-kata yang ditulis oleh Rendra merupakan kata-kata yang terpilih. Pada saaat membaca berbagai larik-larik puisi di atas, perasaan saya memang tersentuh. Arti tersentuh bukan berarti saya larut dalam kesedihan justru sebaliknya saya merasa Rendra telah menghadirkan puisi yang menggambarkan dunia anak muda yang sangat meresahkan dan tidak berpihak pada keadilan dan kemanusiaan.


Jawaban Lainnya :
LARIK PUISI "SAJAK ANAK MUDA" YANG MEMBUAT PERASAAN SAYA TERSENTUH ADALAH "KITA ADALAH ANGKATAN GAGAP".

LARIK INI MENYENTUH PERASAAN SAYA KARENA WS RENDRA MENGIBARATKAN GENERASI KITA SAAT INI SEBAGAI SEBUAH ANGKATAN YANG GAGAP. IA SECARA SPESIFIK MEMILIH KATA GAGAP, SEBUAH KONDISI YANG MENYEBABKAN PENDERITANYA MENGALAMI KESULITAN DALAM BERBICARA.

DENGAN SUDAH BANYAKNYA MASYARAKAT INDONESIA YANG MENEMPUH PENDIDIKAN MINIMAL SMA, PEMILIHAN KATA 'GAGAP' SANGAT MENYENTUH PERASAAN SAYA KARENA SEOLAH SANG PENYAIR MENGUNGKAPKAN BAHWA PENDIDIKAN TINGGI YANG KITA ENYAM TAK SERTA MERTA DAPAT BERMANFAAT. TERNYATA, SATU HAL PENTING YANG MENURUT SANG PENYAIR LEBIH PENTING DARIPADA PENDIDIKAN TINGGI ADALAH ILMU KEHIDUPAN. INILAH YANG MENDORONGNYA UNTUK MENYEBUT KITA SEBAGAI ANGKATAN GAGAP.