Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 248 - 250 Tugas [Kunci Jawaban]

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 10 halaman 248-250. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket B. Indo Tugas Halaman 248 Buku siswa untuk Semester 2 Kelas X SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 8 Mendalamai Puisi Kelas 10 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 248 Tugas.

Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 248 - 250 Tugas [Kunci Jawaban]
Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 248 - 250 Tugas [Kunci Jawaban]

Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 248-250 Tugas [Kunci Jawaban]

Tugas ---
Petunjuk
1. Bacalah puisi-puisi berikut ini.
2. Tentukan tema puisi tersebut dengan menyertakan alasan-alasannya. 

Jawaban :
Puisi 1. Doa karya Chairil Anwar 
Tema : Kepasrahan diri dan permohonan ampun kepada Tuhan.
Alasan: Penulis berkali-kali menyebut nama Tuhan lalu menulis larik seperti: dalam termangu aku masih menyebut nama-Mu, Biar susah sungguh mengingat kau penuh seluruh. Kemudian juga dalam larik, Di Pintumu aku mengetuk aku tidak bisa berpaling.

Puisi 2. Telah Kau Robek Kain Biru pada Bendera Itu
Tema: Perjuangan, kepahlawanan menghadapi penjajahan
Alasan: Penulis menyebut Belanda atau penjajah sebagai bangsa pemabuk, pemilik bendera merah putih biru. Penulis juga menulis suasana perjuangan ketika terjadi perobekan bendera Belanda di hotel Yamato. Semangat perjuangan dihadirkan dalam larik-larik seperti: "Merdeka Negeriku" !, Merdeka Indonesia dan banyak lagi larik-larik heroisme lainnya.