Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 6 - 13 Tugas 2 [Kunci Jawaban]

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 10 halaman 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket B. Indo Tugas 2 Halaman 6. Buku siswa untuk Semester 1 Kelas X SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Gemar Meneroka Alam Semesta Kelas 10 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 6 Tugas 1

Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 6 Tugas 2 [Kunci Jawaban]
Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 6 Tugas 2 [Kunci Jawaban]

Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 6 Tugas 2 [Kunci Jawaban]

Tugas 2 Membedah Struktur Teks Laporan
Kerjakan tugas berikut ini sesuai dengan petunjuk!
(1) Marilah kita uraikan teks laporan yang berjudul “Makhluk di Bumi Ini” itu menurut struktur teksnya. Struktur teks itu merupakan gambaran cara teks tersebut dibangun.
Jawaban:
Pernyataan umum atau klasifikasi
Burung adalah bangsa aves atau bisa juga disebut unggas. Unggas mempunyai ciri yang relatif mudah dikenali di antara hewan-hewan bertulang belakang, yaitu tubuhnya yang ditutupi bulu.

Anggota/aspek yang dilaporkan
Seperti halnya Reptilia, unggas juga berkembang biak dengan telur yang bercangkang dari zat kapur. Unggas mempunyai variasi yang sangat banyak, ada yang hidup di tanah, di air, dan ada juga yang hidup bertengger di pohon-pohon.
Tubuh berbulu untuk terbang dan melindungi tubuh, tulang berongga supaya ringan, suhu badan homoioterm atau berdarah panas yaitu suhu tubuh tetap.
Sayangnya kini banyak unggas yang mulai terancam punah, baik karena banyaknya yang diburu maupun karena rusaknya tempat hidup unggas-unggas tersebut. Oleh karena itu, perlu kita pikirkan bagaimana caranya agar kekayaan alam berupa keanekaragaman unggas tidak punah.
Halaman 9
Frasa atau kelompok kata dibagi menjadi dalam kalimat Hewan dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata merupakan kelompok verba atau rasa verbal yang digunakan untuk membuat klasifikasi. Carilah verba dan kelompok verba lain yang mengandung makna ‘membagi’ atau ‘mengelompokkan’, baik verba aktif maupun pasif. Setelah itu, tulislah kalimat dengan menggunakan verba tersebut! 
Jawab :
  • Wawan memisahkan antara uang logam dan uang kertas. 
  • Rini memilah barang bekas dan barang baru milikinya.
  • Harimau digolongkan kedalam mamalia.

Halaman 10
4. Kata membagi dan mengelompokkan mengandung makna yang sama. Kata-kata yang berbeda, tetapi mempunyai makna yang sama disebut sinonim atau padan kata. Kata berikut bersinonim dengan kata mengelompokkan, kecuali:
(a) mengklasifikasikan
(b) memisahkan
(c) memilah
(d) menggolongkan
(e) meliputi
(f) mencakup
(g) menjeniskan
(h) menyebutkan
Jawab : kecuali (e), (f) dan (h)

Di pihak lain, kata-kata yang mempunyai makna yang berlawanan disebut antonim atau lawan kata. Kata hidup berantonim dengan kata mati. Carilah antonim kata-kata berikut ini!
Jawab :
(a) persamaan x perbedaan
(b) bergerak x diam
(c) keras x lunak
(d) tumbuh x mati (tanaman) / tetap
(e) umum x khusus
(f) belakang x depan
(g) kelompok x individu
(h) sebagian x seluruh / semua
(i) panjang x pendek
(j) berubah x tetap