Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 13 Tugas 3 [Kunci Jawaban]

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 10 halaman 13. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket B. Indo Tugas 3 Halaman 13. Buku siswa untuk Semester 1 Kelas X SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Gemar Meneroka Alam Semesta Kelas 10 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 13 Tugas 13

Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 13 Tugas 3 [Kunci Jawaban]
Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 13 Tugas 3 [Kunci Jawaban]

Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 13 Tugas 3 [Kunci Jawaban]

Tugas 3 Mengamati Teks Laporan yang Ideal 
Bacalah teks pendek yang berjudul “Sistem Peredaran Darah Manusia” berikut ini. Teks ini dipilih untuk melaporkan ciri makhluk hidup yang terdapat pada manusia. Untuk itu, kerjakan tugas sesuai dengan petunjuk setelah membaca teks! Sambil kalian membaca teks, amati apakah teks ini tergolong ke dalam laporan yang ideal. Bekerja samalah dengan teman kalian dalam memutuskan apakah teks ini merupakan laporan yang ideal!

(1) Pernahkah kalian berpikir bahwa darah adalah unsur yang berperanan penting dalam tubuh manusia? 
(2) Apa hubungan antara darah dan jantung? 
(3) Dapatkah kalian menyebutkan nama-nama penyakit yang berhubungan dengan darah dan jantung?
(4) Dengan bantuan diagram, buatlah klasifikasi tentang sistem peredaran darah manusia! 
(5) Pada bagian berikut disajikan struktur teks laporan. Tulislah satu kalimat untuk setiap tahap, dan usahakan kalimat itu telah mencakupi semua isi pada tahap yang dimaksud!

Jawaban:
1.)
Pernah. Berdasarkan fakta-fakta biologis yang ada, darah memang adalah unsur yang memiliki peran sangat PENTING dalam tubuh manusia. Darah merupakan alat transportasi yang bertugas mengedarkan sari makanan, oksigen, karbondiosida, air dan bahkan sampah-sampah untuk dibuang keluar dari tubuh melalui ginjal. Selain itu, darah juga adalah anti-body yang menjaga tubuh dari kuman penyakit, bertugas menutup luka pada tubuh, mengatur keseimbangan zat dan pH, sebagai pengatur suhu tubuh dan masih banyak lainnya.

Dari semua fungsi darah tersebut, sudah tentu peran darah bagi tubuh sangat vital.

2.)
Hubungan antara darah dan jantung sangat erat, keduanya bekerja secara bersama-sama dalam sistem peredaran darah manusia di mana jantung merupakan organ yang bertugas untuk memompa darah agar mengalir ke seluruh tubuh.

3)
#darah
1. hipertensi
2. hipotensi
3. anemia
4. thalasemia
5. leukimia
6. hemofilia
#jantung
1. gagal jantung
2. lemah jantung
3. kelainan otot jantung