Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 34 [Kunci Jawaban]

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 11 halaman 33-34. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket B. Indo Tugas Halaman 34, Buku siswa untuk semester 1 Kelas XI SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 MenyusunProsedur Kelas 11 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Hal 34 Bahasa Indonesia Kls 11

Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 34 [Kunci Jawaban]
Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 34 [Kunci Jawaban]

Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 34 [Kunci Jawaban]

Tugas 
1. Analisislah sebuah teks prosedur lainnya, berdasarkan struktur dan kaidah-kaidahnya!
2. Laporkan hasil analisismu dalam format tabel berikut ini.
Judul Teks : .................................
Sumber : .................................

Jawaban :
Judul Teks : Cara Menanam Buah Naga
Sumber : www.wartabahasa.com/2016/02/contoh-teks-prosedur-komplekstentang.html

Aspek yang Dianalisis
a. Struktur teks
Pembahasan
Terdiri atas tujuan dan langkah-langkah.
- Tujuan dari teks yang dianalisis yaitu manfaat buah naga yang melimpah sehingga petani berinisiatif untuk melakukan penanaman dan pengembangan buah naga.
- Sedangkan langkah-langkah dalam penanamannya ialah (1) siapkan pot terlebih dahulu, (2) siapkan tiang panjatan karena buah naga membutuhkan tiang untuk penopang untuk menahan beberapa cabang agar tidak roboh, (3) menyiapkan media tanam berupa pasir, tanah, pupuk kandang dan kompos, (4) pemilihan dan penanaman bibit, pilih bibit dari batang yang besar dan sudah tua dan pastikan bibit tersebut bebas dari penyakit. Bibit buah naga biasanya memiliki panjang ideal 30 cm dan kemudian ditanam pada pot dengan kedalaman 10 cm.

b. Kaidah teks
Pembahasan
Kata kerja imperatif, konjungsi, dan pernyataan persuasif.
- Kata kerja imperatifnya ialah “siapkan pot terlebih dahulu”, “siapkan tiang panjatan, karena buah naga membutuhkan tiang penopang untuk menahan beberapa cabang agar tidak roboh”, “pilih batang atau cabang tanaman yang pernah berbuah, setidaknya 3–4 kali.” 
- Konjungsinya ialah “selain itu”, “pada umumnya”, “namun”, dan “selanjutnya”. 
- Pernyataan persuasifnya ialah “manfaat buah naga yang melimpah membuat banyak petani berinisiatif untuk melakukan penanaman dan pengembangan buah naga”, “buah naga merupakan tanaman yang tergolong mudah dalam penanamannya”.

Simpulan
Buah naga merupakan tanaman yang mudah untuk ditanam. Banyak orang yang tertarik untuk menanam buah naga. Selain itu, buah naga juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya menurunkan berat badan, mencegah kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah diabetes melitus, meningkatkan nafsu makan, dan lain-lain.