Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 78 [Kunci Jawaban]

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 11 halaman 78. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket B. Indo Tugas Halaman 78, Buku siswa untuk semester 1 Kelas XI SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 3 Mengelola Informasi dalam Ceramah Kelas 11 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Hal 78 Bahasa Indonesia Kls 11

Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 78 [Kunci Jawaban]
Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 78 [Kunci Jawaban]

Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 78 [Kunci Jawaban]

Tugas
1. Jawablah dengan benar dan jelas!
a. Apa manfaat jika kamu mendengarkan ceramah?
b. Apa manfaat jika kamu menyajikan ceramah?
c. Kapan dan di mana saja kesempatan mendengarkan ceramah itu dapat kita ikuti?
d. Bagaimana persamaan dan perbedaan antara ceramah dengan pidato serta khotbah?
e. Informasi/pengetahuan apa saja yang dapat kamu peroleh dari teks ceramah di atas? Jelaskan!

2. Kerjakan latihan berikut sesuai dengan instruksinya!
a. Guru atau teman kamu akan membacakan teks di bawah ini. Selain itu, guru dapat pula menggunakan teks lain yang diperdengarkan melalui rekaman/tayangan.
b. Secara berkelompok, diskusikanlah tentang jenis teks tersebut: apakah termasuk ke dalam jenis ceramah, pidato, atau khotbah? Jelaskanlah alasan-alasannya!
c. Catatlah hal-hal yang kamu anggap penting/bermanfaat dari isi teks tersebut!

Jawaban :
Nomor 1
a. Mengetahui dengan jelas suatu pokok permasalahan dengan argumen-argumen yang mendukung penyampain ceramah,Sebagai sarana pengingat untuk melaksanakan nasihat kebaikan,Mengasah konsentrasi kita untuk menangkap isi dari ceramah,Mendapatkan pencerahan pikiran dan hati untuk melakukan kebaikan.
b. mengasah kemampuan berbicara kita di depan khalayak umum,mempertajam ingatan kita tentang suatu pengetahuan untuk disampaikan di depan banyak orang,mendorong kita untuk memperdalam suatu pengetahuan sebagai bekal materi ceramah,Mendapatkan kebaikan karena kita telah mentransfer pengetahuan/nasihat/petunjuk kepada orang lain.
c. kesempatan mendengarkan ceramah itu dapat kita ikuti kapanpun dan dimanapun,baik di tempat dan kesempatan khusus saat seminar/ceramah umum.
d.Persamaan ceramah,pidato,dan khotbah adalah sama sama menyampaikan secara lisan/verbal suatu pesan,sama sama disampaikan di depan khalayak umum,bahan materi atau wacana terlebih dahulu disiapkan sebelum beraksi,sama sama menggunakan teks eksposisi.
e.Kurangnya etika dan sopan santun anak jaman sekarang,dan tayangan televisi yang seharusnya tidak berkebalikan dengan etika di negara Timur atau Indonesia.
Nomor 2
menyesuaikan dengan Instruksi. Apabila teksnya dari guru ya silahkan bertanya pada guru anda.

Jawaban Lainnya :
1.a Manfaat mendengarkan ceramah antara lain:
      - Kita akan menerima informasi baru yang berupa informasi tentang agama, pengetahuan, berita terkini yang akan menambah pengetahuan kita terhadap sesuatu.
    - Kita bisa melihat bagaimana sosok penceramah itu menyampaikan ceramahnya. Mungkin kita bisa meniru gayanya, jika memang sesuai dengan diri kita

 b. Manfaat jika kita menyajikan ceramah antara lain:
    - Kita bisa mengungkapkan pikiran dan gagasan kita secara utuh kepada banyak orang
    - Kita bisa belajar untuk tampil percaya diri di depan umum
    - Bisa kita jadikan sarana untuk mendapat pahala

c. Kesempatan mendengarkan ceramah bisa kita ikuti :
   - Ketika kuliah subuh
   - Ketika salat Jumat
   - DI media daring seperti youtube
   - Di sekolah

d. Persamaan antara ceramah, pidato dan khotbah:
 - Sama sama disampaikan di hadapan khalayak umum
 - Disampaikan secara lisan
 - Bertujuan untuk memengaruhi khalayak

Perbedaan:
- Khutbah: Tema yang disampaikan adalah tentang keagamaan,
- Ceramah: topik pembicaraannya bersifat pengetahuan ataupun keagamaan namun tidak di khususkan untuk agama tertentu terdapat interaksi tanya jawab antara sang pembicara dengan sang pendengar, biasanya di lakukan di tempat ibadah, di kampus, di sekolah dan sebagainya.
- Pidato: Tema pembicaraannya bersifat umum,tidak terdapat interaksi antara sang pembicara dengan sang pendengar di tunjukan untuk semua kalangan (kalangan umum), dilakukan pada acara tertentu dan tempat tertentu pula.

e.Informasi/pengetahuaan apa yang terdapat pada ceramah di atas adalah kurangnya etika dan sopan santun terhadap anak zaman sekarang,ini di sebabkan karena pergaulan bebas, dan didikan orang tua kepada anaknya yang tidak baik. 
 
 
2. Kerjakan latihan berikut sesuai dengan instruksinya! 
a. Guru atau teman kamu akan membacakan teks di bawah ini. Selain itu, guru dapat pula menggunakan teks lain yang diperdengarkan melalui rekaman/tayangan. 
b. Secara berkelompok, diskusikanlah tentang jenis teks tersebut: apakah termasuk ke dalam jenis ceramah, pidato, atau khotbah? Jelaskanlah alasan-alasannya! 
c. Catatlah hal-hal yang kamu anggap penting/bermanfaat dari isi teks tersebut! 

Jawaban :
a. Teks Pidato Presiden Ir Soekarno

b. Jenis teks tersebut di atas termasuk kedalam khutbah dan pidato alasannya ialah khutbah merupakan bentuk komunikasi berupa pengungkapan gagasan dan pikiran pembicara yang berkaitan dengan agama/kerohanian. Pidato merupakan bentuk komunikasi suatu arah berupa pengungkapan gagasan dan pikiran pembicara tentang suatu hal kepada banyak orang (umum) dan tidak mendapatkan tanggapan langsung dari pendengar.

c. Hal-hal yang penting atau bermanfaat dari teks tersebut adalah pada tanggal 10 November atau yang disebut dengan hari pahlawan. Pada hari itu kita seluruh bangsa Indonesia mengenang kembali peristiwa besar sebagai momentum sejarah yang terjadi di Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Sudah sewajarnya jika kita Bangsa Indonesia menghormati jasa mereka dengan memanjatkan doa kepada Allah agar arwah mereka di terima-Nya dengan kemuliaan yang setinggi-tingginya. Disamping itu kita perlu ketahui bahwa menghormati jasa para pahlawan bukan saja kita harus mendoakan mereka, tetapi yang lebih penting lagi ialah meneladani mereka dengan penuh semangat serta meneruskan tekad dan perjuangan yang bulat. Barangkali akan menyesallah mereka jika para generasi muda tidak berani menyirnakan kemungkaran. Bukanlah Bangsa yang besar, jika kita tidak bisa menghormati para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Keberanian dan tekad mereka , kita jadikan cermin pemandu yang dapat menbimbing kita menuju kepada keutamaan amal dan menyemangati kita untuk berjuang dalam usaha membangun negara dan bengsa yang aman, tenteram, dan sentosa.