Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bahasa Indonesia Kelas 12 Tugas Halaman 96 [Kunci Jawaban]

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 12 halaman 96 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia Tugas Halaman 96 Buku siswa untuk Semester 1 Kelas XII SMA/SMK/MA. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 3 Memahami Isu Terkini Lewat Editorial Kelas 12 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kls 12 Tugas Hal 96

Bahasa Indonesia Kelas 12 Tugas Halaman 96 [Kunci Jawaban]
Bahasa Indonesia Kelas 12 Tugas Halaman 96 [Kunci Jawaban]

Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 96 Tugas [Kunci Jawaban]

Tugas !
1. carilah minimal tiga berita utama yang isinya sama dari tiga media yang berbeda!
2. tulislah peristiwa yang terdapat dalam ketiga teks berita tersebut! 
3. identifikasilah fakta/peristiwa yang terdapat dalam ketiga teks berita tersebut!
4. berdasarkan peristiwa dan fakta yang sudah kamu kumpulkan susunlah isu yang aktual, fenomenal, dan kontroversial!​

Jawaban :
Berita utama 1
Sumber: Tribun News
Kepsek SMAN 87 Dengar Pengakuan Murid soal Guru N Diduga Sebarkan Pesan Anti-Jokowi

 Kepala Sekolah SMA Negeri 87 Jakarta, Patra Patiah, memberikan penjelasan terkait kabar guru agama SMA diduga menyebarkan pesan anti-Jokowi di hadapan murid.

Patra menjelaskan hal itu berawal pada Kamis (4/10/2018), ada yang mengirimkan sms dari nomor tak dikenal kepadanya, tentang pengaduan kepada guru yang dalam pengajaran dikatakan menyimpang.

Patra baru menjawab setelah SMS ke tiga, karena harus menafsirkan pesan itu secara seksama. Ia membalas kepada nomor yang mengadukan akan menindaklanjuti laporan tersebut pada Senin (8/10/2018).

Patra pun membentuk tim yang terdiri dari para wakil kepala sekolah untuk menginvestigasi masalah tersebut.

"Tolong selidiki pengaduan ini kebenarannya. Ambil sampel beberapa siswa yang diajarkan guru yang bersangkutan," ujarnya di depan ruangannya di Jalan Mawar Bintaro II, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu (10/10/2018).

"Ada beberapa murid yang saya ambil sampel, tidak semua, namun ada murid yang menyatakan beliau suka berpolitik. Nah berpolitik ini saya tidak paham, karena saya tidak pernah masuk ketika dia mengajar," tambahnya.

...


Berita utama 2
Sumber: Kompas
Guru SMAN 87 Jakarta Akhirnya Minta Maaf kepada Presiden Jokowi

Seorang guru agama di SMAN 87 Jakarta, NK (sebelumnya disebut N), dilaporkan telah memberi doktrin anti Presiden Joko Widodo atau Jokowi kepada murid-muridnya dalam kegiatan belajar mengajar. Kepala Sekolah SMAN 87 Jakarta, Patra Patiah, mengatakan dia telah memeriksa NK. Walau membantah telah memberi doktrin anti Presiden, NK tetap meminta maaf. "Beliau sudah meminta maaf," kata Patra di SMAN 87 Jakarta, Rabu (10/10/2018). Baca juga: Bawaslu Selidiki Guru SMAN 87 yang Diduga Beri Doktrin Anti-Jokowi NK menolak diwawancarai wartawan. Melalui Patra, ia menyampaikan secarik surat bermaterai berisi permohonan maaf. Berikut isi suratnya: Menyatakan bahwa: 1. Paska gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah saya melakukan refleksi pembelajaran di masjid dengan menggunakan media video tentang bencana gempa dan tsunami 2. Selama dan setelah pemutaran video saya memberikan penjelasan/komentar tentang isi video. Ada kemungkinan saya salah ucap atau siswa salah mempersepsikan kalimat-kalimat penjelasan saya. ...


Berita utama 3
Sumber: Detik News
Kontroversi Guru SMA 87 Dituding Doktrin Anti-Jokowi

Seorang guru SMA Negeri 87 Jakarta, Nelty Khairiyah, dituding memberikan doktrin untuk membenci Presiden Jokowi kepada peserta didiknya. Nelty langsung minta maaf.

"Kalau pembinaan, saya sudah (lakukan). Dia berjanji tidak akan mengulang lagi dan telah meminta maaf," ujar Kepala SMAN 87 Jakarta Patra Patriah saat ditemui di kantornya, Bintaro, Jakarta Selatan, Rabu (10/10/2018).

Patra tak tahu persis bagaimana kejadiannya. Namun sempat viral aduan mengenai materi pelajaran yang diberikan oleh Nelty. Materi itu dinilai mengandung unsur doktrin yang menyudutkan Presiden Jokowi.

Dalam aduan yang viral tersebut, si pengadu yang mengaku orang tua murid menyebut anaknya dan siswa SMAN 87 lainnya dikumpulkan guru N di suatu tempat dan kepada mereka ditunjukkan video gempa di Palu, Sulawesi Tengah. Masih dalam aduan itu, si pengadu menjelaskan guru N menyebut banyaknya korban bergelimpangan akibat gempa merupakan salah Jokowi. Pengadu berkeberatan terhadap tindakan N yang dianggap telah melakukan doktrin anti-Jokowi.  

....


Kesimpulan
Berita utama merupakan berita yang menjadi perhatian masyarakat atau dinilai penting oleh tim redaksi media massa untuk diketahui publik.