Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 112 Kegiatan 4.5 [Kunci Jawaban]

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 8 halaman 112, 113. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket B. Indo Kegiatan 4.5 Halaman 112, Buku siswa untuk Semester 1 Kelas VIII SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 4 Indahnya Berpuisi Kelas 8 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Kegiatan 4.5 Halaman 112 Bahasa Indonesia Kelas 8 

Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 112 Kegiatan 4.5 [Kunci Jawaban]
Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 112 Kegiatan 4.5 [Kunci Jawaban]

Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 112 Kegiatan 4.5 [Kunci Jawaban]

Kegiatan 4.5
A. 1. Jelaskan tema dari puisi ”Hujan Bulan Juni” dan ”Gadis Peminta-minta”? Apakah maksud penyair-penyair dengan masing-masing puisinya itu?
2. Apa yang menyamakan dan membedakan dari tema kedua puisi itu? Jelaskanlah!
B. 1. Bacalah pula puisi berikut!
 Sajak oleh Sanusi Pane
Jawaban 1 :

1. Tema dari puisi "Hujan Bulan Juni" adalah keindahan alam. Sedangkan tema "Gadis Peminta-Minta" adalah kemanusiaan.

Maksud penyair-penyair dengan masing-masing puisinya itu adalah untuk menyampaikan pokok pikiran yang kuat mendesak dalam jiwa penyair sehingga menjadi landasan utama dalam puisinya.

2. Yang menyamakan tema kedua puisi itu adalah ungkapan hati penyair terhadap apa yang dirasakannya.

Yang membedakan tema kedua puisi itu adalah bagaimana penyair mengungkapkan isi hatinya dengan kata-kata sesuai dengan apa yang ia rasakan.
Jawaban 2 :

1. Maksud penyair dalam puisi “hujan di bulan juni” adalah perjuangan sesorang untuk meraih cinta dari orang yang dicintainyai. sedangkan puisi ” gadis peminta-minta menceritakan anak kecil yang hidu gelandangan
2. Menurut saya, persamaan kedua puisi adalah bahasa yang indah dan menyentuh hati. Sedangkan, perbedaannya adalah makna dari kedua luisi tersebut yang berbeda.


2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
a. Puisi ”Sajak” terdiri atas berapa larik dan berapa bait?
b. Apa arti sajak dalam puisi tersebut? Bagaimana amanat yang ingin disampaikan penyair dalam puisi ”Sajak”?
d. Menurut sang penyair, sajak itu harus menggoncang hati nurani pembacanya. Setujukah Anda dengan pendapat tersebut? Jelaskan alasan-alasannya!
e. Bagaimana penyataan-pernyataan penting penyair tentang sajak di dalam puisinya itu? Jelaskan secara naratif!

Jawaban 1 :
a. Puisi "Sajak" termasuk dalam jenis puisi baru, sehingga jumlah baitnya tidak ada aturan khusus seperti halnya puisi lama, yang hanya terdiri dari 4 bait.
Puisi "Sajak' terdiri atas SATU bait dan EMPAT BELAS larik

b. Arti sajak dalam puisi tersebut adalah PUISI.
Amanat yang ingin di sampaikan penyair dalam puisi "Sajak" adalah dalam penulisan puisi harus memperhatikan bentuknya dan pilihan kata-katanya, tidak hanya mengutamakan isinya saja. Amanat ini tampak pada larik:
Dalam bentuk, kata nan rancak,
Dicari timbang dengan pilihnya

c. Menurut sang penyair, sajak itu harus menggoncang hati nurani pembacanya. Setujukah Anda dengan pendapat tersebut? Jelaskan alasan-alasannya!
Saya setuju dengan pendapat sang penyair. Karena sajak tidak hanya merupakan ungkapan hati seorang penyairnya saja, tetapi juga pembaca dapat merasakan ungkapan tersebut dengan pilihan kata-kata sang penyair yang menyentuh perasaan pembacanya.

d. Penyataan-pernyataan penting penyair tentang sajak di dalam puisi itu menitikberatkan tentang cara menulis sajak yang baik dan benar, dan tidak hanya mengungkapkan perasaan saja.
'Dalam bentuk, kata nan rancak' di sini adalah penyusunan puisi tidak asal mengambil pilihan kata.
'Rasa bujangga waktu menyusun, Kata yang datang berduyun-duyun' di di sini adalah dalam menyusun akan banyak sekali kata yang ingin digunakan. Penyair harus dapat memilih kata yang tepat agar kata-kata tersebut dapat 'Harus bergoncang hati nurani' yang dapat membawa pembaca ke makna yang disampaikan oleh penyair.

Jawaban 2 :

a. Puisi berjudul sajak karya Sanusi Pane hanya terdiri dari 1 bait saja, ada 14 larik.
b. Sajak merupakan salah satu sastra yg berbentuk seperti puisi/syair dimana di dalamnya terdapat amanat
c. Setuju , tujuan utama penyair adalah menghibur serta melepas gundah hati pendengarnya dengan membawa perasaan dan hati  pendengarnya , dan dapat menghayatinya dengan baik. selanjutnya tergantung pada si pendengar apakah ia merasa terhadap syairnya
d. Pernyataan penting penyair tentang sajak di dalam puisi itu ialah “sebagai bayang dimuka kaca,harus bergoncang hati nurani”. Pembaca dapat melihat sesuai dengan hati nurani pembaca itu sendiri yang tertarik setelah membaca puisi tersebut.